Foto: wallpaper-gallery.net

Ini Dia Trik Jitu Memotret Objek Diam saat Minim Cahaya

Memotret memang hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Apalagi jika hasil foto saat pemotretan mengagumkan. Ini bisa menjadi kepuasan bagi diri sendiri. Memotret tidak selalu berada di tempat dengan pencahayaan yang bagus. Bagaimana meotret di tempat dengan cahaya minim dan objek diam?

Hal ini pasti akan menjadi tantangan tersendiri bagi pemotret. Pemotret memerlukan trik khusus agar hasil jepretannya memuaskan.

Gabungan dasar-dasar dan tips dari profesional ini bisa membuat gambar menjadi bagus, tak peduli seberapa rendah cahayanya. Seperti dijelaskan Joel tentang bagaimana menyikapi fotografi dengan cahaya rendah. Dua faktor pun akan membuat perbedaan dalam kondisi tersebut, seperti pengaturan ISO dan shutter speed.

Ketika objek foto diam, teknik-teknik ini bisa menguntungkan. Berikut ini cara mengambil foto objek diam dalam kondisi minim cahaya, sebagaimana dilaporkan Makeuseof:

Meningkatkan ISO

Pada kamera DSLR, ISO maksimal bisa berarti lebih banyak noise dalam gambar. Jika Anda ingin, bermain dengan pengaturan saat mengambil beberapa shots memastikan Anda setinggi mungkin sebelum foto menjadi noise. Sementara pada kamera smartphone serta kamera point and shoot atau kamera compact, Anda bisa mendapatkan gambar noise.

Menurunkan Shutter Speed

Sementara shutter speed perlu diturunkan sejauh itu bisa. Shutter speed yang rendah membuat mata kamera membuka lebih lama sehingga lebih banyak cahaya bisa menekan lensa. Kelemahan dari ini ialah jika ada gerakan sedikit, Anda akan mendapatkan gambar blur, jadi penggunaan tripod diperlukan di sini. []

Sumber: Okezone


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Langganan Spotify? Ini Caranya!

Kamu dapat menggunakan Spotify dengan 3 syarat saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *