disinfektan, Ini Efek Semprotkan Disinfektan ke Dalam Mobil
Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Efek Semprotkan Disinfektan ke Dalam Mobil

0

MENYEMPROTKAN disinfektan kini ramai dilakukan warga karena dipercaya bisa membunuh virus corona yang tengah melanda. Masyarakat menyemprotkan disinfektan di rumah-rumah, tempat umum, benda-benda mati yang kerap disentuh, bahkan mobil. Saking larisnya, cairan yang dipercaya dapat membunuh kuman itu menjadi langka.

Karena ketersediaannya terbatas di pasaran, solusinya adalah menggunakan cairan pemutih baju atau lebih dikenal Bayclin. Cairan tersebut dianggap memiliki fungsi yang sama untuk mematikan virus atau kuman sebagai pengganti disinfektan.

BACA JUGA: Ini 10 Mobil Terlaris di RI 2020, Minat Meminang Salah Satunya?

Dikutip dari akun Instagram dr. Nahla Shihab, bahan pembuatan disinfektan bisa menggunakan pemutih baju. Karena mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit) dengan konsentasi 5,25 persen, dan disinfektan membutuhkan natrium hipoklorit 0,5 persen.

Selain itu ada juga yang memilih alkohol 70 persen sebagai pengganti Bayclin. Lantas jika cairan-cairan tersebut disemprotkan di kabin mobil, apakah aman?

Related Posts

Supervisor Marketing & Creative Specialist Flux Autocare, Yanuar Fadillah Zakir mengatakan, pemilik mobil yang menggunakan disinfektan untuk mensterilkan interior dari kuman dan virus, sebenarnya tidak masalah jika nyaman dengan aromanya.

BACA JUGA: Ciri Freon AC Mobil Perlu Diisi Ulang

“Cuma disinfektan itu akan meninggalkan aroma alkohol yang menyengat pada kabin. Baiknya, tetep gunakan cairan khusus untuk sterilisasi kabin mobil,” ujarnya, Selasa (24/3/2020).

Bagi pemilik mobil yang terlanjur menyemprotkan disinfektan, lebih lanjut Yanuar menjelaskan cara menghilangkan aroma menyengatnya menggunakan spray khusus penghilang bau. Atau langsung pakai cairan untuk menetralisir kabin.

“Kalau pakai pemutih pakaian dengan air sebagai opsinya, itu tidak disarankan. Karena kandungannya akan membuat material-material pada kabin menjadi flek, dan perlu effort untuk membersihkannya,” tuturnya. []

SUMBER: 100KPJ


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.