Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Filosofi Warna Cokelat-cokelat Pramuka

0

Dari semua jenis tingkatan, setiap anggota Praja Muda Karana (Pramuka) pasti memiliki tampilan seragam cokelat-cokelat. Tahukah Anda, kenapa hal tersebut?

BACA JUGA: Inilah Keseharian Ikbal, Siswa Berseragam Pramuka Bersuara Emas

Ya, biasanya memakai kemeja cokelat muda yang dipadukan dengan setangan leher merah-putih, celana atau rok cokelat tua dan macam-macam penutup kepala yang juga cokelat.

Nuansa cokelat yang dipilih tentu tak sembarangan. Ada sederet alasan menjadi faktor mengapa warna cokelat begitu identik dengan Pramuka.

Pertama adalah alasan untuk mengenang jasa pahlawan. Konon, cokelat adalah warna yang mendominasi di medan perang. Warna itu digunakan oleh sederet pejuang kemerdekaan saat melawan penjajah merebut kemerdekaan.

Warna cokelat sengaja dipilih agar anggota Pramuka tak lupa pada semangat dan jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk negara.

Hal itu secara resmi tercantum pada Bab I Pasal 5 Ayat B dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Anggota Gerakan Pramuka.

BACA JUGA: Hebat, Kwarnas Pramuka Indonesia Berhasil Tembus Pengungsian-pengungsian Rohingya

Terakhir adalah alasan yang merunut pada sejarah awal gerakan kepanduan dunia. Sebagai pencetus Pramuka, Lord Baden Powell getol berpetualang mengelilingi bukit, gunung, hutan, dan laut. Kotor karena tanah dan lumpur adalah hal yang biasa baginya.

Medan perjalanan yang berhiaskan tanah atau lumpur membuat bagian bawah pakaiannya berubah warna menjadi cokelat.[]

SUMBER: CNNINDONESIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline