Foto: University of Rochester

Ini Hubungan Game dan Kecerdasan Menurut Penelitian

Sebuah studi menghasilkan kesimpulan akan hubungan kecerdasan seseorang dengan game. Namun, para periset mengingatkan bahwa hasil tersebut tidak ada hubungannya jika bermain game dapat membuat lebih cerdas.

Studi yang dilakukan Universitas York, Inggris itu dipublikasikan di jurnal Plos One.

Ada dua bagian untuk penelitian tersebut, yang pertama melibatkan 56 peserta, di mana 51 di antaranya adalah laki-laki dengan usia rata-rata 20,5 tahun.

Para periset lalu membandingkan skor tes psikometrik dari subjek dengan kinerja mereka di game League of Legends. Dalam penelitian ini, mereka menemukan kaitan antara bagaimana pemain tampil dalam permainan dan bagaimana penampilan mereka dalam tes kecerdasan di atas kertas. Periset mengatakan skemanya mirip dengan yang terlihat pada game seperti catur.

Pada bagian kedua penelitian, periset menggunakan data dari ribuan pemain di sejumlah game untuk melihat bagaimana kinerja berubah seiring bertambahnya usia.

Ini termasuk permainan strategi League of Legends, Dota 2, Destiny, dan Battlefield 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja dalam permainan strategi disesuaikan dengan perubahan yang terlihat pada IQ saat para pemain semakin tua.

Kesimpulannya

“Permainan seperti League of Legends dan Dota 2 itu rumit, interaktif secara sosial, dan menuntut kecerdasan. Penelitian kami menunjukkan bahwa kinerja Anda dalam gim ini bisa menjadi ukuran kecerdasan,” ujar Alex Wade, profesor yang terlibat dalam penelitian tersebut seperti melansir dari Iflscience.

Alasannya mungkin permainan strategi lebih fokus pada memori dan kemampuan membuat keputusan strategis, sedangkan First-Person Shooters mengandalkan kecepatan dan ketepatan.


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *