Ini Hukumnya Menghayal Saat Shalat
Foto: portal ilmu

Ini Hukumnya Menghayal Saat Shalat

Ada yang bilang jika ingin memperbaiki hidup maka perbaikilah shalat. Atau bahkan ada pula yang mengatakan saat lupa menaruh barang shalatlah dulu, nanti juga ingat.

Memang benar, untuk memperbaiki hidup sebaiknya memperbaiki shalat. Namun, bila sampai pada mengingat barang yang lupa saat shalat, bagaimana hukumnya?

BACA JUGA: Haruskah Mandi Sebelum Shalat Jumat?

Saat kita mengingat suatu hal dalam shalat, artinya kita melamun atau menghayal. Tapi, itulah adanya. Sering terjadi atau bahkan sering dialami.
Sehingga ini menjadi pertanyaan baru. Apakah sah shalat orang yang melamun?

Untuk membahas hal ini, Imam Nawawi punya jawabannya dalam kitab Fatwa Al-Imam An-Nawawi, “Bila seorang mengkhayal maksiat dan kezalimaan pada saat shalat sehingga hatinya tidak fokus dan dia tidak meresapi bacaannya, apakah shalatnya masih sah? ‘Shalatnya sah, namun makruh,’” jawab Imam An-Nawawi.”

Lalu, apakah shalatnya diterima? Wallahu a’lam.

BACA JUGA: Ini Posisi Anak Kecil dalam Shaf Shalat

Namun, dalam sebuah hadits qudsi tentang shalat yang berbunyi, “Rasulullah Saw bersabda, Allah ‘Azza wajalla berfirman, “Tidak semua orang yang shalat itu bershalat. Aku hanya menerima shalatnya orang yang merendahkan diri kepada keagungan-Ku, menahan syahwatnya dari perbuatan haram larangan-Ku dan tidak terus-menerus bermaksiat terhadap-Ku, memberi makan kepada yang lapar dan memberi pakaian orang yang telanjang, mengasihi orang yang terkena musibah dan menampung orang asing. Semua itu dilakukan karena Aku.”(HR. Ad-Dailami) []


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *