Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Kata BMKG Terkait Penyebab Penurunan Suhu di Indonesia

0

Kepala Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Harry Tirto Djatmiko mengatakan, penurunan suhu di beberapa daerah Indonesia terjadi karena mendapatkan pengaruh aliran massa dingin dari Australia yang biasa terjadi di Bulan Juli hingga Agustus.

BACA JUGA: Ini Penjelasan BMKG Terkait Viralnya Foto Langit Jakrta Sebelum dan Sesudah Lebaran

Sehingga terjadi perubahan di beberapa wilayah di Indonesia yang berada di wilayah selatan khatulistiwa. “(Terjadi perubahan suhu) Mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jabar, DKI, Jateng, Jatim, NTT, Bali,” kata Harry, Jumat (6/7/2018) lansir Republika.

Ia menjelaskan, perubahan suhu tersebut merupakan fenomena alam biasa yang terjadi tiap tahunnya, khususnya yang sering terjadi di bulan Juli hingga Agustus. Sebab, pada bulan tersebut merupakan bulan puncak kemarau.

“Itu tanda kalau kita mau berada di puncak kemarau, suhunya lebih dingin, siang lebih panas, anginnya lebih kencang,” kata Harry.

BACA JUGA: LAPAN: Penurunan Suhu Tak Ada Hubungannya dengan Aphelion

“Indikatornya (angin) monsun Australianya sudah aktif. Ditandai adanya aliran massa udara dingin dari Australia yang menuju ke Asia.” []

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline