maaf, manfaat, para ahli
Foto: Animated-Photography

Ini Kata Para Ahli Mengenai Manfaat Saling Memaafkan

Tidak ada manusia yang sempurna, maka wajar apabila dalam kehidupannya manusia berbuat salah. Agar adanya keseimbangan meski manusia tidak luput dari dosa, Islam mengajarkan umatnya untuk saling memaafkan dan mengikhlaskan kesalahan yang orang lain telah perbuat.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-A’raf ayat 199, “Jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.”

BACA JUGA: Solusi dari Setiap Masalah

Islam tidak akan memberikan suatu aturan atau anjuran apabila tidak ada manfaat dibaliknya. Para ahli telah menyadari bahwa memaafkan dan mengikhlaskan merupakan salah satu mekanisme pertahanan.

Kedua hal ini menjadi sumber daya penyembuhan yang tidak terakses dan yang paling tidak dipahami. Berikut ini manfaat minta maaf dan memberi maaf, dilansir dari Infoyunik.

1. Jika ada orang menyadari kesalahannya, tetapi tidak mengerahkan keberaniannya untuk minta maaf, ia sama sekali tidak akan mendapatkan manfaat.

Sebaliknya, ia malah akan dihantui perasaan bersalah. Nah, dengan meminta maaf atau memaafkan tersebut, maka dengan mudah bisa melepaskan perasaan bersalah.

2. Permintaan maaf bisa memberikan kebahagiaan baru pada dua belah pihak yang berada pada hubungan yang tegang dan sebelumnya diwarnai stress.

3. Pemberian maaf mampu mematahkan cengkraman rasa sakit pada pikiran kita dan membuka pintu bagi berbagai kemungkinan baru.

4. Pemberian maaf pun bisa mengubah sikap bermusuhan menjadi sikap membantu dan mengangkat semangat orang yang memaafkan serta yang dimaafkan.

BACA JUGA: Stres? Coba Cuci Piring!

5. Hal terpenting dari memafkan adalah cinta, dan pemberian maaf terbaik yang dilakukan kepada orang-orang yang kita sayang dan telah melukai kita. Pemberian maaf dalam kasus ini juga sangat efektif dalam memperbaharui persahabatan, perkawinan dan karir.

6. Kebencian dan balas dendam dapat mengganggu keselarasan seluruh keluarga. Lepaskanlah rasa dendam, dan mulailah untuk belajar meminta maaf dan memaafkan. []

SUMBER: Infoyunik


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *