Foto: Newsralali

Ini Alasan Kenapa Kita Sering Buang Air Kecil

Sering ke kamar mandi untuk buang air kecil saat musim hujan tiba atau saat berada di suhu udara yang dingin. Bahkan, seringnya seseorang bulak-balik ke kamar mandi ini membuat seseorang menahan untuk buang air kecil. Banyak faktor yang mempengaruhi orang jadi sering buang air kecil

BACA JUGA: Inilah Alasan Kenapa Pria Tidak Boleh Berdiri Saat Buang Air Kecil

Hal tersebut terjadi karena tubuh berusaha untuk tetapberada di suhu udara yang hangat dengan mempersempit pembuluh darah. Proses ini disebut vasoconstriction. Pada proses tersebut tubuh mengurangi aliran darah ke kulit.

Hasil dari proses tersebut, aliran darah akan berkurang hingga bagian tubuh yang paling ujung, yaitu jari tangan dan kaki. Akibat yang timbul dari penyempitan pembuluh ini akan meningkatkan tekanan darah, dengan sejumlah volume darah tidak kebagian tempat pembuluh.

Selain karena udaranya yang dingin, seringnya seseorang bulak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil juga disebabkan oleh usia dan jenis kelamin.

Seringnya buang air kecil yang tidak pernah tuntas, yang sering dialami oleh pria tua bisa disebabkan oleh penyakit prostat. Namun, jika hal ini dialami oleh wanita muda ini disebabkan oleh faktor otot pada kandung kemihnya.

Dengan menahan buang air kecil yang terlalu lama dan stress juga dapat menyebabkan otot menjadi sensitif kemudian seseorang akan bulak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

BACA JUGA: Agar Anak Tidak Mengompol, Hindari 4 Makanan Ini

Mengatasi hal tersebut, kurangi minuman yang kecenderungan membuat Anda ingin buang air kecil, seperti kopi, alkohol. Jika dalam ruangan ber-AC, kurangi minum air mineral agar tidak keseringan buang air kecil.[]

SUMBER: DETIKHEALTH


Artikel Terkait :

About Nanda

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *