Ini Keutamaan Kota Suci Kedua Umat Islam
Foto: ThoughtCo

Ini Keutamaan Kota Suci Kedua Umat Islam

Madinah merupakan kota paling suci kedua dalam agama Islam setelah Mekkah. Madinah adalah tujuan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam untuk melakukan hijrah dari Mekkah, dan secara berangsur-angsur berubah menjadi ibukota Kekaisaran Muslim dengan pemimpin pertama langsung oleh Beliau.

Kota Madinah memiliki kesamaan seperti kota Mekkah. Dimana non-Muslim tidak diperkenankan memasuki wilayah suci Madinah (tetapi tidak masuk ke bagian pusat kota) berdasarkan aturan Pemerintah Arab Saudi.

BACA JUGA: Ini HAM versi Islam

Kota ini menjadi pusat peradaban Islam pertama dalam era Islam satu ini adalah tempat inti dakwah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam kepada seluruh dunia. Berawal dari kota ini tersebarlah Islam bersinar ke penjuru dunia.

Mengenai keutamaan kota ini, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam mengungkapkan sendiri. Sebagaimana diterima Anas bin Malik, “Barangsiapa melakukan shalat di masjidku sebanyak empat puluh kali tanap luput satu kali shalat pun, maka akan dicatat kebebasannya dari neraka, kebebasan dari siksaan, dan terhindarlah ia dari kemunafikan.” (HR Ahmad dan Tabrani, shahih)

BACA JUGA: Pemerintah Madinah Akan Bangun 4 Terowongan Akses ke Masjid Nabawi

Abu Hurairah berkata, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Pada pintu-pintu Kota Madinah, ada malaikat yang menyebabkan tha’un ‘wabah’ dan dajjal tidak memasukinya.” []

Sumber: The Amazing Islam Legacy: menapaki jejak kejayaan Islam


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *