foto: NinjaMommers

Ini Lima Fakta Tertawa, No 3 Unik

Tertawa, emosi pemecah belah kemurungan yang bisa membaaw kita ke dalam suasana yang lebih baik. Ada ungkapan bahwa tertawa adalah obat terbaik.

Berikut fakta-fakta tentang tertawa yang perlu kita ketahui,

1. Menangis saat tertawa

Saat kita tertawa otot pada wajah menjadi lebih tegang.

Hal ini disebabkan karena energi kita terfokuskan pada bagian otot wajah dan otot inti. Namun, tekanan yang dirasakan dapat keluar melalui saluran air mata. Hal inilah yang membuat kamu dapat sedikit menangis.

2. Kita tidak bisa tertawa jika menggelitik diri sendiri

Ketika seseorang mengelitik diri kita, maka otak akan merespons dalam mode panik. Respons yang ditimbulkan justru membuat kita tertawa secara tak terkendali.

Lain halnya ketika mengelitik diri sendiri, otak justru akan merespons bahwa diri kita tidak berada dalam bahaya. Itu sebabnya kita tidak bisa tertawa saat mengelitik diri sendiri.

3. Tertawa bisa menjadi olahraga

Dr William Fry dari asosiasi klinik psikiatri di Universitas Stanford mengatakan, dengan tertawa selama 10 menit, setara dengan olahraga yang menggunakan alat fitnes rowing machine. Atau bisa dibilang hampir setara seperti mendayung sampan yang dapat membakar kalori.

4. Dengan tertawa dapat mengurangi rasa sakit

Hal ini disebabkan saat kita tertawa, otak dapat melepaskan hormon yang membuat kita senang. Itu sebabnya saat kita tertawa, dapat terasa menyenangkan. Dalam hal yang bersaamaan, kita juga merasa jauh lebih baik.

5. Tertawa baik untuk jantung

Tertawa dikenal sebagai salah satu obat penghilang stres, mungkin benar adanya. Hal ini disebabkan karena dengan tertawa dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam otak kita. Selain dapat meningkatkan alirah darah, juga dapat mengurangi risiko serangan jantung bedasarkan Medical Center of University of Maryland. []

Sumber: Cultura Collectiva | Liputan6


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *