Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Lima Manfaat dari Cangkang Telur

0

Setelah mengetahui bahwa cangkang/kulit telur ternyata masih baik untuk dikonsumsi, beberapa manfaat yang disuguhkan pun harus kita ketahui.

Seperti dilansir Klikdokter, berikut ini lima keuntungan yang dapat Anda peroleh dari cangkang telur, yang sayangnya belum disadari oleh banyak orang.

Mulai dari untuk kecantikan kulit hingga kekuatan tulang.

1. Menyembuhkan infeksi kulit

Anda mengalami luka atau iritasi pada kulit? Cangkang telur bisa menjadi penyelamat. Caranya, masukkan bubuk cangkang telur ke dalam secangkir cuka sari apel dan biarkan selama beberapa jam.

Lalu, oleskan campuran ini di atas luka atau jenis iritasi kulit lainnya. Dalam beberapa menit, luka Anda akan membaik.

2. Mengatasi nyeri sendi

Cangkang telur mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan sendi, seperti kolagen, kondroitin, glukosamin, asam hyaluronik.

Karena itu, bagi Anda yang sering terkena nyeri sendi, mungkin bisa menggunakan bubuk cangkang telur untuk membantu mengatasinya.

3. Mengurangi rasa asam pada kopi

Rasa asam pada kopi memang bukan selera semua orang. Untuk menetralkan kandungan asam kopi, Anda dapat menambahkan satu sendok teh bubuk cangkang telur ke dasar kopi sebelum diseduh.

Kalsium karbonat alkalinya akan membuat kopi terasa lebih enak dan nyaman untuk perut.

4. Menurunkan risiko osteoporosis

Sebuah studi di Belanda yang dilakukan pada wanita pascamenopause menemukan bahwa cangkang telur dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang di leher dibandingkan dengan plasebo. Sebaliknya, kalsium karbonat yang dimurnikan didapati tidak terlalu efektif.

5. Membuat kulit wajah bercahaya

Ambil satu putih telur dan bubuk cangkang telur. Masukkan ke dalam wadah, aduk, lalu oleskan ke kulit wajah Anda.

Biarkan mengering pada kulit sebelum membilasnya dengan air. Masker rumahan ini akan membantu membuat kulit Anda tampak sehat dan bercahaya.

Cangkang telur dapat menyimpan banyak kuman, bahkan bakteri salmonela penyebab tifus. Untuk meminimalkan risiko, Anda harus memastikan bahwa bakteri-bakteri tersebut sudah tersingkir saat merebusnya. Atau, belilah telur organik sejak awal. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.