jangan lakukan ini setelah makan
Foto: The Stewardess Bible

Makan Ini, Agar Kita Tak Cepat Lapar

Rasanya sangat susah mencegah diri dari tidak mudah lapar. Bagaimana solusinya, agar kita tidak mudah lapar?

Ya, dengan makanan yang membuat kita tidak mudah lapar tentunya. Lalu apa saja makanan tersebut?

Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung serat tinggi. Menambahkan 1/3 porsi sayuran tersebut dalam menu makan Anda dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar.

Tidak hanya itu, sayuran hijau juga kaya akan vitamin, mineral, serta zat besi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara umum dan mencegah Anda terserang anemia. Kangkung, bayam, dan daun singkong adalah beberapa contoh sayuran hijau.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung serat tinggi, protein dan lemak tak jenuh, yang sangat baik bagi kesehatan. Seluruh kandungan zat makanan pada buah yang lezat ini membuat perut kenyang lebih lama. Alpukat baik dikonsumsi di pagi hari, sebagai pelengkap sarapan Anda.

Telur

Selain harganya terjangkau, telur juga kaya kandungan gizi. Tak hanya itu, menurut International Journal of Obesity, konsumsi dua butir telur saat sarapan membuat Anda merasa tidak mudah lapar hingga siang hari. Ini karena telur dapat menekan kerja hormon ghlerin –hormon yang menstimulasi rasa lapar di otak.

Apel

Apel tinggi akan kandungan pectin –zat yang melapisi dan memberikan struktur pada dinding sel buah. Pectin juga sering disebut sebagai fruit fiber atau serat pada buah.

Pectin dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Apel sangat baik dikonsumsi bersama kulitnya. Ini karena berbagai kandungan serat dan gizi lainya banyak terdapat pada bagian tersebut.

Kacang-kacangan

Kacang kedelai, kacang polong, ataupun kacang-kacangan jenis lainnya mengandung tinggi serat dan protein. Karena itu, makanan yang satu ini bisa membuat kenyang lebih lama.

Selain itu, kacang-kacangan dan produk turunannya juga kaya akan berbagai vitamin. Kacang juga merupakan sumber anti oksidan yang sangat baik untuk regenerasi sel dan menjaga kesehatan jantung.

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin, mineral dan kalsium, serta tinggi serat. Kandungan vitamin A, B, C dan K dalam brokoli sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin harian Anda. Kandungan mineral dan kalsium sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Dan kandungan seratnya membuat Anda tidak mudah lapar.

Menemukan makanan yang bisa bikin Anda tidak mudah lapar sangat mudah, bukan? Ingatlah bahwa makan dalam porsi sedikit namun sering lebih baik daripada makan dengan porsi banyak namun jarang. []

Sumber: Klikdokter


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *