Ini Manfaat Khitan dari Segi Medis

Foto: Kompasiana

INSPIRADATA. Sunat, khitan atau sirkumsisi merupakan suatu prosedur medis yang bertujuan untuk membuang bagian ujung dari kulit penis. Hal ini selain merupakan tradisi suatu agama tertentu, juga memiliki beberapa manfaat.

Berikut beberapa manfaat terkait dengan disunat:

1. Pada umumnya sensasi kenikmatan seksual yang dirasakan akan lebih baik oleh laki-laki yang disunat.

2. Dapat mengurangi risiko untuk terkena beberapa penyakit menular seksual dan HIV.

3. Dari segi higienis, umumnya seseorang yang disunat akan memiliki higienisitas yang lebih baik.

4. Berkurangnya risiko infeksi saluran kemih yang dapat merujuk kepada masalah ginjal. Infeksi ini umumnya lebih sering terjadi pada orang yang tidak menjalani sunat.

5. Berkurangnya risiko kanker penis yang juga lebih jarang terjadi pada pria yang sudah disunat.

6. Mengurangi risiko kanker serviks pada pasangan. Risiko kanker serviks menurun pada wanita yang pasangannya telah menjalani sunat.

Pada umumnya tindakan sirkumsisi tidak akan menimbulkan kelainan pada fungsi alat kelamin karena yang dibuang hanyalah bagian ujung dari kulit luar penis. Akan tetapi, seperti halnya prosedur pembedahan lain, apabila tidak dilakukan dengan hati-hati bisa saja timbul kecelakaan yang dapat menimbulkan luka atau perubahan bentuk. Akan tetapi, di tangan dokter yang terlatih umumnya hal ini jarang dialami.

Berck-bercak putih yang terdapat di bagian kepala yang tertutup kulup disebut dengan smegma. semgma dapat dibersihkan dengan air dan sabun atau dengan minyak telon dan kapas untuk membersihkan bagian tersebut. []


Artikel Terkait :

About Ari Cahya Pujianto

Hanya Pemuda Akhir Zaman yang Terus Memperbaiki Diri

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *