Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Manfaat Sarapan Bagi Jiwa Raga

0

Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengimbau agar dalam menu makanan bergizi hendaknya mencakup enam unsur. Yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Makan adalah perilaku mahluk untuk memenuhi kebutuhan gizi, jadi disitu ada aktivitas yang terlibat. Saat makan, maka kita melakukan kegiatan mengunyah, mencampur makanan, menelan, dan meneguk untuk minuman. Dan ini berlaku untuk semua kelompok umur.

BACA JUGA: Sarapan dengan Es Krim Bisa Bikin Pintar

Defisini makan ini tentu berbeda dengan minum yaitu memasukkan air ke dalam tubuh (meneguknya). Sementara sarapan adalah aktivitas makan dan minum, dengan begitu sarapan seharusnya meliputi proses makan dan minum bukan hanya minum saja.

Rita yang juga menulis beberapa buku tentang gizi, berpendapat bahwa sarapan sangat penting sebab memberikan energi dan zat gizi pada tubuh setelah berpuasa sepanjang malam.

BACA JUGA: Ini Pentingnya Sarapan Sebelum Jam 9 Pagi

Sarapan dapat meningkatkan produktif kerja, konsentrasi berpikir, dan belajar juga akan lebih baik.

Dibenarkan oleh Sarah Elder selaku Ahli Gizi dikutip dari Bbc.com, tubuh menggunakan banyak energi yang tersimpan untuk pertumbuhan dan perbaikan tubuh di malam hari. “Mengonsumsi sarapan dengan gizi seimbang, membantu meningkatkan energi kita termasuk protein dan kalsium sepanjang malam,” tuturnya.

SUMBER: SINDONEWS | BBC


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.