Kayangan Api
Foto: Kayangan Api (bari 99)

Ini Nih Destinasi Wisata Kayangan Api Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

Kayangan Api
Foto: Kayangan Api (bari 99)

INSPIRADATA. Apakah anda pernah mendengar cerita api abadi? Jika pernah ternyata hal itu bukanlah mitos semata. Mengapa begitu ? Karena di Bojonegoro, Jawa timur tedapat sebuah destinasi wisata yang yang menyuguhkan fenomena alam yang tidak biasa yang disebut Kayangan Api.

Dilansir oleh Okezone,  Kayangan Api ini sebuah situs yang menyemburkan api tiada henti bahkan ketika hujan turun sekalipun. Ini merupakan sebuah fenomena alam luar biasa, dan juga unik di Indonesia.

Api yang disemburkan tersebut disebabkan karena tingginya gas bumi di bawah tanah, sehingga api kecil tersebut menyembur tanpa henti. Keajaiban tersebut pun, dinilai merupakan sumber api terbesar di Asia Tenggara.

Namun, bagi masyarakat sekitar, Kayangan Api ini dipercaya dijadikan tempat disemayamkan Mbah Kriyo Kusumo dari zaman Majapahit.

Semasa hidup, api tersebut dijadikan tempat untuk membuat alat-alat pertanian, dan juga benda-benda mistis seperti keris.

Sumber api tersebut juga diyakini sangat kramat, dulunya masyarakat tidak berani mengambil api ketika ada upacara penting seperti upacara Jumenengan Ngarsodalem Hamengkubuwana X yang terjadi di masa itu.

Hingga kini pun, penduduk lokal masih menghargai mitos tersebut. Tak hanya itu, setiap hari Jumat banyak pengunjung datang ke sana meminta rezeki, dan berdoa di sumber api tersebut. Sebab, mitosnya doa akan terkabul ketika berdoa di sana.

Dan rute yang harus ditempuh untuk sampai ke lokasi Kayangan Api yaitu dengan berjalan ke arah Selatan Bojonegoro dengan jarak 15 km, kemudian lanjutkan ke pasar Kecamatan Dander, anda pun tinggal mengikuti petunjuk untuk menuju lokasi. []

 


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *