Ini Nih Fakta Unik Supermoon

uniknya-supermoonINSPIRADATA. Anda tentu sudah melihat seperti apa supermoon bukan? Ya, bulan yang nampak lebih jelas daripada biasanya. Hal ini terjadi karena posisi bulan berada cukup dekat dengan bumi. Hingga, kita bisa menyaksikan keindahan bulan yang begitu luar biasa dengan mata telanjang.

Namun dibalik keindahan supermoon atau bulan purnama, ternyata ada salah satu fakta medis yang unik di baliknya. Bulan purnama dianggap membuat Anda rentan mengalami insomnia atau susah tidur.

Tapi jangan salah, ya. Insomnia ini tentu bukan disebabkan karena keengganan Anda untuk tidur demi melihat keindahan bulan purnama –apalagi fenomena seperti supermoon.

Berdasarkan studi pada tahun 2013 yang dilakukan oleh para peneliti di Swiss, disebutkan bahwa orang cenderung memiliki kualitas tidur yang rendah saat bulan purnama dibandingkan hari–hari yang lain. Studi tersebut dipublikasikan pada Journal of Current Biology.

Hal tersebut disampaikan oleh peneliti utama dalam studi ini, Christian Cajochen dari Psychiatric Hospital of the University of Basel. Jika Anda menanyakan orang–orang di Swiss, hampir 40% mengatakan sulit tidur saat bulan purnama terjadi.

Studi ini dilakukan pada 33 subjek penelitian, antara usia 20–74 tahun. Para partisipan tidur di ruangan yang dikontrol khusus tanpa adanya jendela sehingga mereka tidak dapat melihat bulan purnama.

Hasilnya, para partisipan yang tidur saat bulan purnama memiliki kadar hormon melatonin yang lebih rendah. Hormon melatonin sendiri berfungsi untuk mengatur siklus tidur Anda. Penurunan hormon melatonin ini disinyalir disebabkan oleh jarak bulan purnama yang dekat dengan bumi.

Para peneliti juga menemukan bahwa partisipan studi yang tidur saat bulan purnama membutuhkan waktu 5 menit lebih lama untuk tertidur. Mereka pun menghabiskan waktu 30% lebih sedikit saat tidur.

Lalu, apakah Anda merasakan hal itu saat fenomena tersebut terjadi? []

Sumber: www.klikdokter.com


Artikel Terkait :

About Rika

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *