memberi saran
Foto: Saran (chanel muslim)

Ini Nih Faktanya, Kenapa Saran Lebih Mudah daripada Perbuatan?

memberi saran
Foto: Saran (chanel muslim)

INSPIRADATA. Ketika anda mempunya sebuah masalah, terutama wanita pastinya anda memerlukan seorang teman untuk berbagi kelukesah dengan harapaan mendapatkan saran sebagai sebuah solusi.

Namun, walaupun teman tidak dapat memberikan solusi, setidaknya anda sudah bisa tenang dan lega karena ada seseorang yang bersedia mendengarkan anda.

Namun, Bagaimana jika anda yang menjadi tempat bercerita orang yang sedang punya masalah? Tentunya anda dengan mudah memberikan saran. Padahal belum tentu saran yang kamu kasih ke teman akan anda lakukan sendiri.

Apakah anda mengetahui alasan, kenapa memberi saran lebih mudah dari pada orang yang melakukannya?

Dilansir oleh Brilio, ternyata ada tujuh alasan kenapa memeberikan saran lebih mudah daripada melakukan:

1. Nggak merasa berada di situasi yang sama
Keadaanmu dengan keadaan orang yang butuh saran jelas berbeda, cobalah untuk melihat dari sudut pandang mereka. Keadaan mereka mungkin jauh berbeda denganmu.

2. Sudah mengalami situasi yang sama sebelumnya
Bukan karena anda sudah pernah merasakan hal yang sama, bukan berarti masalah yang anda hadapi lebih mudah dari yang dihadapi orang lain. Otak kita cenderung untuk memblokir kenangan buruk sebagai bentuk pertahanan. Anda tidak akan ingat kenangan buruk itu diselesaikan bagaimana, yang penting anda berhasil melalui masalahnya.

3. Bukan masalahmu
Setiap orang pasti punya masalahnya sendiri, sehingga kita pasti tidak terpikiran untuk memberikan saran kepada orang lain, karena masih memikirkan diri sendiri. Tapi ingat, semua orang benar-benar butuh teman untuk mendengarkan keluh kesah.

4. Lebih mudah mengatakan daripada melakukan
Ada pepatah yang mengatakan kalau perkataan lebih mudah daripada perbuatan. Anda bisa saja memberi saran terus-terusan dan tetap saja mereka nggak melakukan apapun. Pada akhirnya, lebih baik anda ikut membantu dalam hal tindakan sebagai bentuk rasa peduli.

5. Beda reaksi dalam menghadapi masalah
Suatu masalah yang mungkin saja tampak kecil di mata kita, mungkin saja bagi orang lain terasa besar. Kita semua memiliki reaksi berbeda dalam menghadapi situasi.

6. Setiap orang punya tingkat toleransi berbeda
Beberapa orang, mungkin terlihat jauh lebih kuat ketika sedang menghadapi masalah. Mungkin saja kamu demikian, namun orang lain bisa saja nggak sanggup untuk mengatasinya. Setiap orang punya tingkat toleransi untuk terluka yang berbeda-beda.

BACA JUGA:

Inilah Curhatan Salamadena Ketika Galau Dilamar Haqy Rais

7. Sudut pandang pihak ketiga
Dalam setiap perdebatan, selalu ada orang ketiga yang bertugas sebagai mediator. Mediator ini bertugas untuk melihat sisi dari kedua belah pihak. Namun saat teman butuh saran, otomatis kita akan melihat dari sisi kedekatan saja. Anda melakukan yang terbaik sebagai pihak ketiga, tapi sebenarnya kamu nggak benar-benar paham situasi yang terjadi.

Itulah ketujuh alasan kenapa perkataan lebih mudah dari pada perbuatan. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *