tahanan kabur di rutan pekanbaru
tahanan kabur di rutan pekanbaru

Ini Nih Potret Rutan Pekanbaru yang Mencapai 1.870 Tahanan

INSPIRADATA. Masalah over kapasitas disinyalir menjadi penyebab tahanan Rutan Kelas IIB Pekanbaru di Jalan Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, ramai-ramai kabur. Demikian disitat dari Detik, Sabtu (6/5/2017).

“Rutan pekanbaru ini kapasitas 561, sedangkan jumlah hunian sekarang 1.870 terdiri tahanan 910 dan narapidana 960,” ujar Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham I Wayan Kusmiantha Dusak, di kantornya, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (5/5/2017) malam.

Sementara itu, menurut Dusak, Rutan Pekanbaru total hanya memiliki pegawai sebanyak 54 orang. Empat di antaranya adalah pejabat struktural.

“Kemudian 24 orang bertugas di pengamanan dan satu regunya berjumlah 6 orang,” jelas dia.

Sisa petugas lainnya ada di bagian pembinaan, kesehatan, dukungan teknis, bagian pengelolaan, serta staf rutan. Namun berdasarkan rilis yang didapat detikcom dari Kemenkumham tertulis total pegawai di Rutan Pekanbaru berjumlah 51 orang, 30 orang adalah petugas pengamanan.

Perbandingan antara penghuni rutan dan petugas Rutan Pekanbaru memang tidak ideal. Dalam perhitungan Ditjen Pemasyarakatan (PAS), seharusnya satu petugas pengamanan itu menjaga 20 penghuni.

“Ideal umum, 1:20 jadi katakanlah sekarang jumlahnya 1.800 an paling tidak seharusnya 90 orang,” ungkap Dusak saat dikonfirmasi terpisah oleh detikcom, Jumat (5/5).

Kurangnya petugas pengamanan di rutan atau pun lapas memang seolah menjadi masalah klasik. Over kapasitas hingga kurangnya pengamanan menyebabkan banyak kendala. Meski begitu, menurut Dusak, Ditjen PAS tidak serta merta bisa menambah pegawai untuk mengisi kekurangan-kekurangan itu. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *