Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Nilai-Nilai Kehidupan yang Bisa Ditanamkan pada Balita (1)

0

Pendidikan perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini, termasuk nilai-nilai kehidupan. Nilai-nilai tersebut bahkan bisa diajarkan pada balita lho. 

Apa saja sih nilai-nilai kehidupan yang bisa diajarkan orangtua kepada balitanya?

Related Posts
2

Wow, Pelukan ke Anak, Mulai dari Kurangi Depresi sampai Bisa…

Berikut ini uraian singkat serta kiat yang dapat diaplikasikan oleh orang tua dalam mengajarkan balita tentang nilai-nilai kehidupan:

1 Kejujuran

Cara terbaik untuk mendorong kejujuran pada anak adalah dengan menunjukkan keteladanan. Jadilah orangtua yang jujur. Jadi, penting bagi orang tua untuk mencoba menghindari segala jenis kebohongan. Biarkan anak melihat dan mendengar orangtuanya berlaku jujur.

Cara lain untuk mempropagandakan nilai kejujuran kepada anak adalah dengan tidak menunjukkan reaksi berlebihan jika anak sedang berbohong. Alih-alih bereaksi berlebihan, bantu dia menemukan cara untuk mengatakan yang sebenarnya. Sekalipun jujur tidak selalu mudah atau nyaman, buatlah Anak mengerti bahwa jujur itu lebih baik daripada berbohong. Sehingga nantinya anak akan lebih nyaman untuk bicara jujur.

2 Keadilan

Orang tua perlu mendorong anak untuk mengambil tindakan guna memperbaiki kesalahan yang mereka perbuat. Ini bisa membantu orangtua dalam menanamkan nilai keadilan.

Selain itu, jika Anda menyadari anak telah bertindak buruk terhadap seseorang, bantu dia memikirkan cara untuk memberikan kompensasi. Misalnya, jika dia merebut atau merusak mainan milik temannya, tunjukkan atau arahkan dia untuk memberikan mainan lain buat temannya sebagai ganti mainan yang diambilnya.

Dengan mendorong anak membuat gerakan seperti itu, orangtua bisa menekankan pentingnya memperlakukan orang lain dengan adil. Ini adalah nilai penting yang suatu hari akan membantunya menjalani kehidupan saat dia dewasa.

3 Determinasi (kebulatan tekad)

Kebulatan tekad adalah nilai yang dapat didorong sejak usia dini. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menghindari pujian yang berlebihan dan dengan memberikan umpan balik yang jujur kepada anak-anak. Sampaikan hal itu dengan cara yang lembut dan mendukung.

Cara lain untuk membantu anak-anak mengembangkan tekad adalah mendorong mereka untuk melakukan hal-hal yang tidak datang dengan mudah dan memuji mereka atas inisiatif mereka.

Jika anak punya sifat pemalu, dorong dia untuk mendekati anak-anak di taman bermain. Jika anak punya sifat yang meledak-ledak atau emosional, ajarkan dia agar lebih bersabar. Strateginya seperti menghitung sampai sepuluh atau menarik napas dalam-dalam untuk menahan amarah.

Jangan lupa, beri selamat pada anak-anak ketika mereka berhasil melakukan hal-hal yang mereka anggap sulit. Serta, dorong mereka untuk lebih bersemangat dalam berusaha. []

SUMBER: PARENT


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline