penemuan, Ini Penemuan-penemuan yang Mengubah Dunia [1]
Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Penemuan-penemuan yang Mengubah Dunia [1]

0

Dari masa ke masa, dengan bekal kemampuannya, manusia bisa menciptakan penemuan-penemuan yang berhasil mengubah kehidupan.

Tanpa penemuan-penemuan tersebut, manusia lainnya bahkan makhluk hidup yang ada di sekitarnya tak akan hidup optimal memenuhi kebutuhannya dan kehidupannya.

BACA JUGA: Asal-usul Catur, dari Penemuan Muslim hingga India

Berikut beberapa penemuan yang bisa mengubah dunia:

1. Lampu

Apa yang akan terjadi pada manusia apabila di jaman sekarang tidak ada yang namnya lampu? Mungkin sekarang tiap malam, di tiap rumah akan menggunakan lampu minyak atau menggunakan obor untuk berkeliling. Membahas lampu, nama Thomas Alfa Edison pastinya akan langsung terlintas di kepala.

penemuan, Ini Penemuan-penemuan yang Mengubah Dunia [1]
Foto: deopenbareruimte

Di sekolah kita diajarkan bahwa berkat Thomas Alfa Edison lah yang menemukan lampu pijar. Sebelum itu, di tahun 1870an, sudah banyak orang yang mencoba melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Edison.

Ketika Edison berhasil menemukan lampu pijar, di waktu yang sama, Joseph Swan juga melakukan hal yang sama di Inggris. Mereka berdua kemudian menyatukan ide dan menciptakan sebuah perusahaan, Ediswan.

2. Komputer

penemuan, Ini Penemuan-penemuan yang Mengubah Dunia [1]Komputer sebenarnya bisa dibilang masih termasuk dalam alat komunikasi, tapi ada fungsi lain yang bisa dilakukan oleh komputer. Oleh karena itulah komputer dimasukan ke dalam poin yang terpisah. Komputer jaman dulu juga berbeda dengan jaman sekarang. Pada awal diciptakan, komputer diciptakan untuk menghitung.

Komputer pertama yang berhasil diciptakan dinamakan ENIAC. ENIAC merupakan komputer hasil inovasi dari J. Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania. Konstruksinya diciptakan di 1943 dan sempat berhenti di tahun 1946. Ukuran ENIAC saat itu sangat besar, ukurannya sudah sebesar ruangan, kira-kira 167 m2.

3. Microwave

penemuan, Ini Penemuan-penemuan yang Mengubah Dunia [1] Ketika ingin menghangatkan kembali makanan yang telah kita beli, biasanya kita akan menggunakan alat dapur yang namanya microwave. Dengan kotak kecil ini, cukup masukkan makanan, set suhu, dan atur waktu, maka makanan yang kita masukkan tadi akan dihangatkan. Benda satu ini memang sangat membantu kehidupan kita.

Sebelum microwave ditemukan, sungguh sangat repot apabila orang ingin menghangatkan kembali makanan yang telah lama didiamkan. Tahukah kalian bahwa microwave adalah suatu inovasi yang ditemukan oleh seorang fisikawan dan penemu asal Amerika bernama Percy Spencer. Spencer berhasil menemukan microwave pada tahun 1946. Idenya didapat ketika permen yang ia letakkan di kantong, meleleh akibat magnetron.

BACA JUGA: Penemuan Terbaru, Bakteri Ini Bisa Ubah Limbah Elektronik Jadi Emas Murni

4. Internet

penemuan, Ini Penemuan-penemuan yang Mengubah Dunia [1]
Foto: Gizmodo,

Menyusul berhasil ditemukannya komputer, masih dirasa kurang bila komputer hanya bisa digunakan untuk menghitung dan mengerjakan hal-hal biasa saja. Beruntung dengan munculnya internet, komputer bisa melakukan hal lebih. Dan lagi, handphone sekarang juga bisa melakukan surfing di dunia maya berkat adanya internet.

Dengan internet, seluruh komputer dan alat komunikasi di dunia yang bisa terhubung dengan internet, bisa mengakses hampir semua informasi yang ada. Dengan mampunya mengakses segala informasi dari berbagai tempat dan tak terbatas waktu, mempengaruhi sektor bisnis, komunikasi, ekonomi, entertainment, dan bahkan politik.

5. Roda

Salah satu penemuan penting yang memberikan dampak positif begitu besar bagi kehidupan manusia adalah roda. Kendaraan sekarang sudah pake roda, gerobak pun dilengkapi dengan roda. Bila ditelusuri lebih jauh, roda sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu lamanya. Roda tertua yang berhasil ditemukan adalah sebuah roda yang ditemukan di Ljubljana, Slovenia, dan umurnya sudah 3100 SM.

BACA JUGA: 5 Penemuan Paling Unik di Samudera, Bentuknya Tidak Pernah Terbayangkan

Berkat ditemukannya roda, transportasi sekarang sudah semakin dimudahkan. Memindahkan barang dan juga manusia sudah semakin cepat dan efisien. Mobil, motor, gerobak, sepeda, kereta, dan semua transportasi sekarang sudah menggunakan roda. Itu baru dari segi transportasi, belum lagi penggunaan lainnya dalam kehidupan manusia. []

SUMBER: TAHUPEDIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.