Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Penemuan-penemuan yang Mengubah Dunia [2]

0

Dengan berbagai macam kemampuannya, manusia bisa menguasai dunia sebagaimana peran sejatinya. Dari masa ke masa, dengan bekal kemampuannya pula, manusia bisa menciptakan penemuan-penemuan penting dan berhasil mengubah kehidupan.

BACA JUGA: Penemuan Baru: Senapan Penyembuh Luka Bakar

Tanpa penemuan-penemuan tersebut, manusia lainnya bahkan makhluk hidup yang ada di sekitarnya tak akan hidup optimal. Berikut beberapa penemuan yang bisa mengubah dunia:

1. X-Ray

Di rumah sakit pasti ada penunjuk arah yang menunjukkan ruang ini, ruang itu, dan salah satunya adalah ruang x-ray. Setiap rumah sakit sekarang pasti sudah punya yang namanya mesin x-ray. Mesin x-ray inilah yang digunakan untuk melihat bagian dalam tubuh manusia untuk menemukan masalah apa yang terjadi di dalam tubuh.

Terima kasih pada Wilhelm Conrad Rontgen, ia merupakan ahli fisika asal Jerman yang berhasil menemukan mesin x-ray. Tanpa temuannya itu, mungkin kita harus dioperasi terlebih dahulu sebelum ditemukan penyakitnya.

2. Mesin Uap

Membahas penemuan penting dalam kehidupan manusia, sudah pasti harus menyebut steam engine atau mesin uap. Dulu, untuk menghasilkan tenaga, digunakan yang namanya roda air. Ataupun jika tidak ada air, maka manusia akan memanfaatkan tenaga hewan. Kedua hal tersebut kemudian dianggap masih memiliki kelemahan, sehingga diciptakanlah yang namanya mesin bertenaga uap.

Memanfaatkan uap sebagai tenaga dari mesin sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Namun oleh Thomas Newcomen, ia menciptakan mesin uap kreasinya sendiri pada tahun 1712. Di tahun 1769, James Watt, menggunakan mesin yang diciptakan oleh Newcomen, dimodifikasi sedemikian rupa dengan menambahkan kondenser yang membuat kinerja mesin uap menjadi lebih baik dari sebelumnya.

3. Mobil

penemuan, Ini Penemuan-penemuan yang Mengubah Dunia [2]
Foto: suara

Jika penemuan mesin uap memberikan pengaruh besar pada dunia industri, maka penemuan autmobile atau mobil sangat berpengaruh besar untuk memindahkan manusia. Semua penemuan tentunya diawali dari sebuah ide. Adalah ide dari Karl Benz yang memiliki ide untuk menciptakan sebuah kendaraan yang bisa digunakan sebagai transportasi.

Di tahun 1885, Karl Benz menciptakan sebuah mesin pembakaran dari desainnya sendiri. Mesin pembakaran ini digadang-gadang sebagai mesin mobil pertama. Oleh Henry Ford, ia melakukan perbaikan di sisi produksi dan membuat pemasaran yang lebih efektif. Henry Ford kala itu memiliki keinginan besar untuk bisa menciptakan mobil bagi orang Amerika.

4. Alat Bajak

penemuan, Ini Penemuan-penemuan yang Mengubah Dunia [2]
pekerjaan (foto: Hiuffingtonpost)

Tidak ada yang tahu secara jelas tentang siapa penemu alat bajak dan kapan alat bajak ditemukan. Intinya, sekarang pekerjaan para petani sudah sangat terbantu berkat adanya alat bajak. Kemunculan alat bajak cukup sulit diselidiki karena di setiap negara ternyata memiliki sejarahnya sendiri tentang alat bajak.

Alat bajak atau yang dikenal juga dengan nama luku dan tenggala adalah alat di bidang pertanian yang digunakan untuk menggemburkan tanah sebelum dilakukan penanaman dan penaburan benih. Sebuah alat yang sederhana memang, tapi manfaatnya di bidang pertanian sangatlah besar. Bila dahulu masih menggunakan tenaga hewan untuk menggerakannya, kini sudah bisa menggunakan mesin.

5. Alat Komunikasi

penemuan, Ini Penemuan-penemuan yang Mengubah Dunia [2]
Foto: liputan6

Menyebut alat komunikasi sebagai inovasi penting yang berhasil mengubah kehidupan manusia adalah bukan hal yang salah. Alat komunikasi disini bukan hanya mengacu pada telepon saja, telegram, radio, dan bahkan televisi pun termasuk dalam alat komunikasi. Dimana keberadaan alat komunikasi ini berhasil membuat penyebaran informasi menjadi lebih mudah.

BACA JUGA: Sebuah Penemuan Pembaharu bagi Pecandu Ponsel

Dari waktu ke waktu, alat komunikasi pun semakin berkembang. Dari yang dulu telepon masih menggunakan kabel dan agak repot bila harus dipindah, kini sudah ada handphone yang bisa dibawa kemana-mana. Kalau baterainya habis, bisa direcharge. Telepon, salah satu alat komunikasi yang populer, ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1885. Sedangkan telegram ditemukan oleh Samuel Morse pada tahun 1836. []

SUMBER: TAHUPEDIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.