Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Penjelasan Air Keras, dan Bahayanya

0

Air keras. apa yang Anda pikirkan ketika membayangkan dan mendengar dua kata tersebut? Mungkin Anda akan menjawab cairan yang berbahaya yang bisa membuat kulit menjadi melepuh, atau sebuah cairan yang biasa digunakan untuk tindakan kriminal.

Untuk menambah wawasan Anda mengenai air keras, berikut penjelasan detail tentang air keras.

Apa itu air keras?

Air keras adalah larutan asam kuat yang cukup pekat dan jika air keras mengenai kulit maka akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Macam-macam air keras dan kegunaanya

1. Asam klorida (HCL)
Asam pekat yang terkandung dalam asam klorida adalah sebanyak 38% HCL. HCL juga sangat bermanfaat dalam bidang perindustrian zat-zat warna, seperti pengchloran dan mengikat basa-basa organic dengan Fe untuk penyusutan.

BACA JUGA: Peneliti Ciptakan Baterai Kertas Bahan Bakar Air Liur

2. Asam Sulfat (H2SO4)
Asam sulfat pekat adalah suatu cairan yang tak berwarna yang kental dan sangat menarik air. Asam Pekat yang terkandung dalam asam sulfat sebesar 98% H2SO4.
Manfaat yang terkandung dalam asam sulfat biasanya digunakan ketika pupuk buatan, asam chloride, asam sitrat, memurnikan minyak tanah, zat-zat warna, dan lain-lain.

Sementara itu apabila dalam kimia organik asam sulfat biasa digunakan untuk pembuatan ester, sebagai pengering di laboratorium, dan pereaksi di laboratorium.

Bahaya air keras

Dengan konsentrasi yang sangat tinggi air keras menyebabkan terbakarnya kulit manusia akibat korosif.

Apabila diberi larutan basa apakah bisa menetralisir larutan asam?

Betul sekali, jika asam di dicampurkan dengan basa akan menjadi netral. Namun yang menjadi permasalahan jika anda sudah terkena larutan asam dan disiram dengan larutan basa, maka larutan tersebut akan bereaksi di atas kulit anda. Selain itu larutan basa juga bisa menyebabkan kulit anda iritasi. Jadi langkah terbaik untuk menghilangkan air keras adalah menggunakan air bersih.

BACA JUGA: Ada Air Zam-zam #Ganti Presiden, Benar Ada?

Apakah air keras itu adalah air raksa?

Mungkin anda akan berfikir apakah air keras itu adalah air raksa, namun pada kenyataanya jelaslah berbeda. Kenapa? karena air raksa itu namanya merkuri, dengan nomor atom 80, unsur kimia Hg. Kalo air keras itu senyawa kimia berupa asam pekat.

Namun, walaupun berbeda air raksa bukan berati tidak berbahaya,karena jika kulit anda terkena air raksa efeknya akan membuat kulit terbakar atau minimal iritasi.

Itulah penjelasan tentang air keras. Semoga anda tetap bisa berwaspada ya. []

SUMBER: KLIK BELAJAR


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.