boleh mengakhirkan shalat isya, Ini Penjelasan Bolehnya Mengakhirkan Shalat Isya
Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Penjelasan Bolehnya Mengakhirkan Shalat Isya

0

Setiap muslim pasti mengetahui keutamaan shalat tepat waktu. Anjuran akan hal ini sering kita dengar dari berbagai ceramah. Namun terkait shalat Isya, ada sebagian orang yang justru mengakhirkan waktu pelaksanaanya. Bolehkah demikian?

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada suatu malam mengakhirkan shalat Isya sampai tengah malam. Kemudian beliau menghadap kami setelah shalat, lalu bersabda,

صَلَّى النَّاسُ وَرَقَدُوا وَلَمْ تَزَالُوا فِى صَلاَةٍ مُنْذُ انْتَظَرْتُمُوهَا

“Orang-orang shalat dan tidur, sedangkan kalian terus menerus di dalam shalat sejak kalian menunggu shalat tersebut.” (HR. Bukhari, no. 661).

BACA JUGA: Tertawa karena Diganggu Anak saat Shalat, Batalkah?

Dari hadits tersebut menunjukkan bahwa menunggu shalat Isya dan tidak cepat-cepat untuk melaksanakannya (menyegerakan iqamah) mempunyai keutamaan.

Selain itu, shalat berjamaah bersama imam dengan menunggunya ternyata lebih utama dilakukan.

Apalagi  selama menunggu shalat, jamaah dihitung berada di dalam shalat.

BACA JUGA: Inilah Rahasia Allah di Balik Penetapan Waktu Shalat

Jadi jika melihat hadits di atas, maka kesimpulannya kita doleh mengakhirkan waktu shalat Isya. Bahkan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah shalat Isya di akhir waktu lebih afdal selama tidak memberatkan jamaah. Namun jika hal itu memberatkan, maka lebih baik shalat Isya dimajukan waktunya. []

SUMBER: RUMAYSHO


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.