Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Penyebab Celana Jeans Berwarna Biru

0

Sangat populer dan serba guna, celana Jeans menjadi pilihan berbagai kalangan di dunia. Tapi, yang perlu kita bayangkan adalah, kenapa kebanyakan celana Jeans berwarna biru?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus melihat kembali dari awal mula jeans tercipta. Levi Strauss adalah pria yang dikenal sebagai penemu item fashion ini.

Namun, seperti dilansir Levi Strauss & Co, dia bukanlah penemu dari tren mode yang begitu populer ini. Dia hanya mematenkan gaya dengan paku keling untuk membuat jeans tidak mudah robek.

BACA JUGA: Ini Sejarahnya Kenapa Ada Kantong Kecil di Celana Jeans

Lalu apa perbedaan denim, duck dan warna biru?

Denim sebenarnya sudah menjadi bahan yang populer dipakai untuk para pekerja. Jadi dia hanya menambahkan sentuhan baru pada tren ini.

Sebenarnya, ia menggunakan desain yang sama untuk celana katun coklat yang disebut celana “duck”, yang kemudian ia terapkan pada desain celana jeans.

Sedangkan biru adalah warna yang dipilih untuk denim karena sifat kimia pewarna biru. Sebagian besar zat warna ini akan meresap ke bahan dalam suhu panas yang mempermudah proses pewarnaan.

Seperti dilansir dari laman Slate, pewarna nila alami yang digunakan pada jeans dahulu hanya menempel pada bagian luar benang.

BACA JUGA: Hati-hati! Ini Bahaya Simpan Ponsel di Saku Celana bagi Pria

Bila denim yang menggunakan pewarna indigo tersebut dicuci, maka zat warna tersebut akan menghilang perlahan bersama dengan benang.

Semakin sering dicuci, maka semakin lembut celana tersebut. Akhirnya, jens tersebut akan lebih nyaman kita pakai.

Kelembutan yang dihasilkan dari pewarna indigo tersebut membuat jeans menjadi favorit para pekerja. Seiring berjalannya waktu, permintaan celana jeans meningkat dan celana “duck” menurun. Akhirnya blue jeans pun menjadi mode klasik di Amerika. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline