Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Perbedaan e-KTP WNI dan WNA

0

Belakangan ini ramai e-KTP milik warga negara asing menjadi bahan perbincangan masyarakat. Akhirnya Kementerian Dalam Negeri menjelaskan cara membedakan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP milik warga negara Indonesia dengan yang dicetak untuk warga negara asing.

Meski sekilas terlihat sama, Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, menyebut beberapa pembeda, yakni mengenai kolom penulisan identitas.

BACA JUGA: Kasus e-KTP Diselidiki Kembali KPK

“Kewarganegaraan dituliskan (asal negara), status perkawinan dan status pekerjaannya dalam Bahasa Inggris,” jelas Zudan saat menyampaikan keterangan pers di kantor Kemendagri di Jakarta, Rabu 27 Februari 2019.

Menurut Zudan, dalam e-KTP milik WNA juga terdapat pembedaan yakni masa berlaku. Ia pun memastikan, bahwa heboh e-KTP WNA China bernama Guohui Chen tidak akan bisa mencoblos apalagi punya hak pilih.

“Sekali lagi, sesuai dengan pasal 63 UU Kependudukan, WNA yang sudah punya izin tempat tinggal tetap wajib mengurus e-KTP dan sesuai UU Pemilu, maka WNA tidak memiliki hak pilih,” paparnya.

“Hanya ke depan harus depannya harus dibedakan KTP untuk WNI dan KTP untuk WNA,” ucap Yasonna usai laporan tahunan Mahkamah Agung di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu 27 Februari 2019.

Yasonna mengatakan alasan KTP WNI dan WNA harus dibedakan agar WNA tak mudah mendapatkan paspor Indonesia. Pembedaan ini dilakukan sebagai sebagai pencegahan.

“Kalau di AS, saya pernah di sana, ada KTP-nya tetapi tidak boleh digunakan untuk tujuan yang sama haknya dengan warga negara. Bahkan punya social security lagi,” terangnya.

BACA JUGA: Takut Curang, Penerbitan E-KTP untuk WNA Dihentikan sampai Pemilu 2019 Selesai

Ia pun mempertimbangkan untuk mengubah warna e-KTP. “Kita bisa pertimbangkan untuk ubah warnanya,” ujarnya. []

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline