Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Rahasia Kenapa Semua Orang Takut Kecoak

0

Jeffrey Lockwood, profesor ekologi di University of Wyoming mengatakan, rasa takut kita berasal dari refleks rasa jijik terhadap kecoak.

BACA JUGA: Fakta Susu Kecoa, Mengandung Protein 4 Kali Lebih Tinggi dari Susu Sapi

“Rasa takut dan jijik adalah dua emosi negatif universal milik manusia,” ujarnya dikutip dari Time.

“Yang satu memberikan sinyal adanya bahaya, dan yang satunya memberikan sinyal adanya potensi kontaminasi penyakit,” tambah Lockwood.

Jadi jika dua emosi itu dibentuk sebagai diagram venn, rasa takut dan jijik pada kecoak akan berada pada area tumpang tindih dalam diagram.

“Kecoak tampak berminyak dan licin, yang memberi sinyal menjijikkan. Lalu, jika kita menginjak mereka, akan ada bunyi hancur yang juga dianggap menjijikkan yang diikuti dengan aroma toilet kotor,” kata Lockwood.

Uric Acid

Dijelaskan bahwa aroma khas kecoak tersebut berasal dari uric acid yang banyak berada di tubuh serangga itu. Uric acid juga merupakan salah satu komponen terbanyak dalam urine manusia.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa kecepatan kecoak juga berkontribusi sebagai salah satu faktor yang membuat banyak orang takut pada serangga kecil itu.

“Saya cukup skeptis terhadap anggapan bahwa orang-orang memiliki rasa takut bawaan,” kata Lockwood. “Ada beberapa hal, seperti rasa takut, yang lebih mudah dipelajari, dan rasa takut pada kecoak adalah salah satunya,” tambah dia.

Lockwood menjelaskan bahwa kecoak tidak berada di ranking atas serangga yang berbahaya bagi manusia.

“Kita bisa berpendapat bahwa nyamuk adalah binatang paling berbahaya di dunia. Namun kita tidak merespons kehadiran nyamuk serupa dengan kita merespons kecoak,” kata dia.

Di samping itu, Lockwood juga menambahkan bahwa rasa takut kepada terhadap merupakan hasil didikan, bukan akibat perkembangan alami untuk melindungi diri.

“Jika kita lihat, anak-anak kecil memiliki kebiasaan untuk mendekati dan melihat serangga dengan lebih dekat,” ujarnya.

BACA JUGA: Bolehkah Membunuh Kecoak yang Mengganggu?

Ia menambahkan bahwa ketika tumbuh dewasa, kemudian diberikan pemahaman bahwa serangga adalah gangguan dan bisa membawa penyakit, kebanyakan anak-anak akan menyimpulkan bahwa serangga adalah suatu hal jahat yang harus dibunuh atau dijauhi. []

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.