Rahasia Kesuksesan Al-Fatih

Ini Rahasia Kesuksesan Al-Fatih, Pemuda Penakluk Konstantinopel

muhammad-al-fatihINSPIRADATA. Tidak lama bangsa Indonesia akan memperingati hari sumpah pemuda. Mengenang perjuangan pemuda indonesia yang membela mati-matian kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sebagai pemuda muslim haruslah kita mencintai dan membela negara serta memelihara seluruh ciptaan Allah SWT, sebagaimana tujuan penciptaan manusia di sebagai khalifah fil ard yang tercantum dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 30 yang artinya,

Dan (ingatlah) tatkala Tuhan engkau berkata kepada Malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah. Berkata mereka : Apakah Engkau hendak menjadikan padanya orang yang merusak di dalam nya dan menumpahkan darah, padahal kami bertasbih dengan memuji Engkau dan memuliakan Engkau ? Dia berkata : Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.

Salah satu sosok pemuda Muslim yang perlu kita contoh adalah Muhammad Al-Fatih. Anak dari sultan murad II atau raja keenam dari Daulah Ustmaniyah ini, lahir pada 27 Rajab 835 H/30 Maret 1432 M di Kota Erdine, ibu kota Daulah Utsmaniyah

Sejak kecil ia ditempah oleh ayahnya agar menjadi pemimpin cerdas dan kuat. Al-Fatih kecil diajarkan berbagai ilmu seperti menghafal 30 juz al-qur’an, hadist, fiqih, matematika, falaq, dan strategi perang.

Selain itu, ia diajarkan berbagai bahasa seperti bahasa Arab, Persia, Latin, dan Yunani. Tidak heran, pada usia 21 tahun Muhammad sangat lancar berbahasa Arab, Turki, Persia, Ibrani, Latin, dan Yunani.

Peran penaklukannya terhadap konstantinopel berawal dari kesadaran yang dibangun oleh sosok seorang ayah, sultan Murad II. Diumurnya yang masih seumur jagung, Al-fatih telah diberikan amanah untuk mempin suatu daerah, dengan bimbingan para ulama. Hal ini dilakukan sang ayah agar anaknya menyadari bahwa sebuah tugas besar telah menunggu untuk diemban dikemudian hari.

Sumber: Kisah Muslim.


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *