sejarah hadirnya ketupat
Foto: wikiwand

Ini Sejarah Ketupat Jadi Makanan Khas Lebaran di Indonesia

Ketupat, makanan yang wujudnya selalu nampak saat Hari Raya Lebaran tiba. Warga Indonesia begitu menggemari olahan ketupat ini, disajikan dengan daging ataupun sayur selalu menemani kebersamaan di tengah keluarga saat Hari Raya Idul Fitri tiba. 

Tahukah Anda? Kenapa ketupat menjadi menu ‘wajib’ saat lebaran? Ini sejarah ketupat jadi makanan khas lebaran yang selalu ada di meja makan orang Indonesia.

BACA JUGA: Lebaran, Ternyata Ini Lho Manfaat dari Ketupat atau Lontong!

Menurut sejarahnya, Sunan Kalijaga adalah orang pertama yang memperkenalkan ketupat sebagai santapan Hari Raya Idul Fitri kepada masyarakat Jawa kala itu.

Menurut sejarah yang berkembang, kala itu Sunan Kalijaga membudayakan dua kali bakda, yaitu bakda Lebaran dan bakda kupat. Bakda tersebut dimulai seminggu sesudah Lebaran.

BACA JUGA: Bukan saat Lebaran, di Kampung Ini Ketupat Sudah Muncul sejak Pertengahan Ramadhan

Berdasarkan filosofi Jawa, ketupat memiliki makna khusus yakni ketupat atau kupat merupakan kependekan kata dari Ngaku Lepat yang artinya meminta maaf dan Laku Papat yang berarti empat tindakan.

Ngaku lepat sendiri memiliki arti meminta maaf atau sungkem, itulah tradisi saling bermaafan di Hari Raya Idul Fitri. Mengakui kesalahan dengan rendah hati, dengan penuh keikhlasan memohon ampunan dari sesama manusia. Itulah esensi dari Ketupat yang orang Jawa kembangkan, demikian melansir Tempo. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *