Foto: ceoworld.biz

Ini 7 Tanda Lemahnya Iman Seseorang

Foto: ceoworld.biz

Siapa yang tahu soal keimanan seseorang. Yang mengetahui hal tersebut tentu hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagai manusia biasa, terkadang iman seseorang bisa sedang kuat ataupun lemah. Namun, tahukah Anda apa tanda melemahnya iman seseorang?

Pernahkah Anda merasa biasa-biasa saja, padahal apa yang Anda perbuat adalah perbuatan dosa yang harus dihindari? Tak jarang seseorang menyangkal terhadap dirinya sendiri tentang perbuatan yang salah namun dijadikan suatu hal yang wajar dan benar.

Apabila masih banyak orang yang berpikir seperti itu, bisa dikatakan mereka termasuk dalam orang-orang yang sedang mengalami lemahnya iman.Selain itu, ada beberapa tanda lemahnya iman yang lain, di antaranya:

1. Tidak merasa bersalah dan takut saat melakukan dosa
Hati yang tidak merasa takut dan bersalah ketika melakukan dosa secara terus menerus, baik itu dosa kecil maupun dosa besar, berarti tidak ada iman dalam hatinya. Jika berani melakukannya, itu pertanda imanmu sangat lemah.

2. Tidak bersahabat dengan Al-Qur’an
Sebagai pedoman umat Islam, paling tidak Al-Qur’an harus dibaca dan dihafalkan. Dan akan jauh lebih baik jika dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, jika hal tersebut sama sekali tidak dikerjakan dalam hari-hari seseorang, maka keimanan mereka harus segera diperbaiki.

3. Malas dalam melakukan ketaatan dan ibadah
Malas-malasan dalam menyegerakan shalat lima waktu, malas berjamaah di Masjid bagi pria, menunda pergi shalat Jumat (datang belakangan, pulang duluan), malas berdzikir, sedikit berdoa, sholat tidak tuma’ninah, tidak khusyu dalam ibadah, malas menuntut ilmu agama dan lain sebagainya.

4. Tidak marah ketika menyaksikan kemungkaran
Artinya tidak ada sedikitpun perasaan marah dan benci ketika melihat orang-orang di sekeliling melakukan kemungkaran, pelanggaran, keburukan dan kebiasaan yang jauh dari ajaran Islam.

5. Berani meninggalkan sunnah
Jika mengaku umat Rasulullah ﷺ, maka seseorang harus mencintai apapun yang diperintah dan dilakukan oleh Rasulullah ﷺ. Jangan mengaku umat Nabi Muhammad, jika dalam kehidupan seseorang jauh dari sunnah.

6. Tidak mendahulukan panggilan Allah
Banyak yang mendengar suara adzan sebagai tanda Allah Subhanahu wa Ta’ala, namun tak jarang masih banyak ditemui orang yang asyik dengan kesibukannya masing-masing. Kecuali jika sedang dalam perjalanan dan sesuatu yang sifatnya tidak bisa dihentikan, maka ada rukhsoh. Namun, jika iman lemah, hati tidak akan merasa resah dan gelisah karena belum menunaikan kewajiban.

7. Enggan bersedekah
Takut jika bersedekah harta akan habis. Sangat terlihat sekali bahwa tidak ada kepercayaan kepada Allah Zat Yang Maha Memberi dan Mencukupi segala kebutuhan umat manusia. Orang yang takut bersedekah dan enggan mengeluarkan sebagian hartanya untuk orang lain yang membutuhkan, ini pertanda iman sangat lemah. []

Sumber: Catatan Muslimah/SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *