Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Tanda-Tanda Terkena Diabetes

0

Diabetes melitus atau penyakit gula darah, yang biasa disebut Diabetes ini merupakan salah satu momok bagi beberapa orang. Apalagi yang suka manis-manis, takutnya terkena diabetes itu.

Tanpa menyadari akan adanya gejala, tahu-tahu sudah terkena dan diagnosis diabetes oleh dokter.

Ada tiga gejala umum atau tanda-tanda dari diabetes yang mungkin bisa Anda selidiki dari Anda sendiri atau dari saudara dan orang terdekat Anda.

1. Mereka yang terkena diabetes memiliki tanda-tanda unik berupa kebiasaan sering sekali merasa haus.

Namun di samping itu, juga seringkali ingin buang air kecil. Hal ini disebabkan karena organ ginjal yang bekerja keras dengan menyaring darah sebanyak mungkin, karena ingin membuat kadar glukosa berlebihan dalam darah. Dengan tubuh yang sering ingin buang air kecil, maka kita pun akan cenderung mudah haus untuk menghilangkan dehidrasi pada tubuh.

2. Sering sekali merasakan rasa lapar secara berlebihan.

Rasa lapar ini dipicu oleh gagalnya gula dalam darah untuk memasuki sel-sel yang berperan dalam proses metabolisme tubuh. Karena gula darah tidak bisa memasuki sel, tubuh akan langsung bereaksi, bahwa tubuh belum mendapatkan asupan makanan apapun dan pada akhirnya membuat tubuh merasa lapar untuk mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Meskipun penderita diabetes lebih sering makan karena seringnya merasa lapar, banyak penderita diabetes yang mengalami penurunan berat badan secara drastis hingga lima atau sepuluh kilogram dalam waktu yang sangat cepat, dalam dua atau tiga bulan saja.

Penurunan berat badan secara drastis ini, karena dipicu oleh gagalnya insulin dalam tubuh memasukkan glukosa ke dalam sel yang akan menjadi energi harian tubuh. Tidak adanya energi membuat tubuh pun mengambil protein pada otot-otot sebagai penggantinya sehingga tubuh pun akan kehilangan kalori dengan sangat cepat.

3. Adanya masalah pada kulit dan kelukaan

Gejala ini berupa kulit kering atau adanya penggelapan kulit pada leher atau ketiak. Selain itu, luka pun cenderung lebih sulit disembuhkan atau jika anda memar, bahkan sampai bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Tanda-tanda ini menunjukkan bahwa Anda mengalami diabetes, dan harus segera memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat, sebelum diabetes berubah menjadi penyakit yang berbahaya dan sulit disembuhkan. []

Sumber: Doktersehat


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.