Khofifah Indar Parawansa

Ini Tanggapan Menteri Sosial Terkait Kasus Cak Budi

INSPIRADATA. Khofifah Indar Parawansa selaku Menteri Sosial Republik Indonesia, menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tidak terpengaruh oleh kasus penyalahgunaan dana sosial, serta untuk tetap saling mengingatkan kepada donatur. Agar kedepannya aksi kepeduliaan sosial tidak terhenti hanya karna nafsu pribadi. Demikian disitat dari Republika, Rabu (3/5/2017).

Khofifah angkat bicara perihal kasus yang melibatkan Cak Budi salah satu relawan di penyalur donasi Kitabisa.com. Cak Budi diduga menyalahgunakan donasi yang terkumpul melalui program kitabisa.

Cak Budi memakai sejumlah uang donasi yang terkumpul untuk membeli mobil dan smartphone, akan tetapi berdasarkan keterangan yang dihimpun, Ia mengklaim uang yang dibelikan barang tersebut digunakan untuk keperluan penyaluran donasi.

Menurut Khofifah, apa yang dilakukan Cak Budi sangat miris dan menuai kontroversi di masyarakat. Mengingat, para donatur yang menyisihkan uangnya, memberikan kepercayaan kepada pihak penyalur untuk disalurkan kepada yang berhak, akan tetapi disini justru malah disalahgunakan.

“Apapun alasannya, karena yang menyumbang tidak mengetahui jika uang yang disumbangkannya digunakan untuk membeli selain yang diniatkan diawal,” kata Khofifah, Selasa (2/5).

Khofifah menegaskan, apabila yang dilakukan Cak Budi itu benar, maka ini telah menodai kerelaan masyarakat dalam bersedekah, dan disini dampaknya pun tidak hanya kepada para donatur yang merasa kecewa, tapi mereka yang berhak pun jadi tidak mendapatkan bagiannya. Namun, Khofifah tetap mengingatkan kepada masyarakat agar tetap berfikir positif ketika ada tawaran untuk berdonasi atas nama pribadi, selama tujuan dan pemanfaatannya jelas serta transparan.

Kepada pihak pengelola pun, Khofifah berharap untuk tetap waspada dalam mengelola donasi masyarakat. Terlebih jika donasi tersebut masuk ke rekening pribadi, yang ada nanti kasusnya sama seperti ini.

Sementara itu, Hartono Laras selaku Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, mengatakan bahwa dalam waktu dekat Menteri Sosial akan memanggil Cak Budi ke Jakarta. “Lusa (Kamis) akan kami panggil Cak Budi ini ke Jakarta untuk memberikan klarifikasi mengenai mekanisme penggalangan donasi,” imbuhnya. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *