Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Ternyata Hiburan Pesta Pernikahan yang Disyariatkan untuk Wanita

0

Sebuah pernikahan atau sebuah pesta apapun, sejatinya diisi dengan hal-hal yang baik. Karena hanya rasa syukur yang dapat membalas segala kemudahan yang Allah berikan. Dalam pesta khususnya di Indonesia sering kali kita jumpai hiburan-hiburan yang mempertontonkan lenggak-lenggok seorang perempuan didepan laki-laki. Apakah itu diyariatkan oleh agama?

Dari Aisyah radhiallahu anha, dia ikut menghadiri pernikahan seorang wanita dengan laki-laki  dari kalangan Ansor. Maka Nabiullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَا عَائِشَةُ مَا كَانَ مَعَكُمْ لَهْوٌ ؟ فَإِنَّ الْأَنْصَارَ يُعْجِبُهُمْ اللَّهْوُ (رواه البخاري، رقم  5163)

“Wahai Aisyah, apakah kamu tidak memiliki permainan? Sesungguhnya orang-orang Anshar menyenangi permainan.” (HR. Bukhari, no. 5163). Bersiul merupakan salah satu bentuk permainan yang umum saat pesta kegembiraan dan perayaan pernikahan di sebagian negara. Ulama Lajnah mengatakan, “Mengumumkan pernikahan merupakan anjuran agama. Dan bersiul seperti hukum nyanyian. “ (Fatawa Lajnah Daimah, 19/116).

Jadi wanita sah-sah saja melakukan hiburan-hiburan tersendiri, namun jangan sampai ada laki-laki yang mendengar atau menontonya.

Karena salah satu ulama yang dikutip dari islamqa.com, yaitu Al-Khursyi rahimahullah mengatakan, “Nasir Al-Laqqani dalam fatawanya mengatakan, “Meninggikan suara wanita dikhawatirkan yang dikhawatirkan dapat dinikmati dengan mendengarkannya, tidak dibolehkan, baik saat ada jenazah maupun dalam perayaan pernikahan, baik dengan bersiul atau bukan.” (Syarh Mukhtashar Khalil, 1/75). []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.