Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Tips Jaga “Umur” Printer (1)

0 8

Printer telah menjadi perangkat penting yang dibutuhkan oleh banyak kalangan. Di perkantoran misalnya, printer diperlukan sebagai penunjang kebutuhan pencetakan berbagai dokumen perusahaan.

Penggunaan printer harus disertai dengan perawatan yang baik, perawatan ini dilakukan agar usia printer bisa tahan lama. Dan tentunya, jika Anda rajin merawat printer, Anda bisa meminimalisir kemungkinan printer error dan perlu perbaikan kepada tukang service.

BACA JUGA: Ini Lima Tips Tumbuhkan Minat Membaca dari Duta Baca Indonesia

Perawatan printer yang dimaksud ternyata cukup sederhana. Berikut ulasannya:

1. Selalu Jaga Kebersihan Printer

Ketika Anda selesai menggunakan printer, tutuplah dengan kain lembut atau penutup khusus printer. Terutama di bagian untuk meletakkan kertas yang rentan dimasuki debu dan kotoran.

Kotoran yang masuk ke dalam bagian ini, jika sudah menumpuk, bisa mengganjal kertas. Kotoran tersebut juga bisa terbawa masuk dan menempel pada printer head dan akan mengganggu kulitas cetakan dan membuat printer head cepat rusak.

Karena itu, pastikan Anda membersihkan printer secara berkala. Setidaknya sekali dalam seminggu. Akan tetapi, frekuensinya bisa lebih sedikit jika Anda jarang menggunakan printer,  dan pastikan printer selalu berada dalam kondisi tertutup.

2. Lakukan “Clean Head”

Tujuannya agar printer head tidak tersumbat dan mampu menyerap tinta dengan baik. Untuk kemudian menyalurkannya ke atas kertas dengan maksimal.

Sistem perawatan ini umumnya dimiliki oleh setiap printer. Anda tinggal membaca ulang buku manual yang disertakan saat membeli printer. Karena, setiap merek printer biasanya memiliki  cara yang berbeda untuk melakukan clean head.

Namun demikian, jangan terlalu sering melakukan clean head. Cukup sekitar 1-2 minggu sekali saja.

Jika terlalu sering bisa mengakibatkan tempat tinta tidak bisa menampung tinta atau mengalami kebanjiran.

3. Gunakan Secara Rutin

Printer yang digunakan secara rutin justru akan lebih awet dibanding printer yang jarang digunakan. Hal ini dikarenakan, printer yang sering digunakan secara rutin akan mempunyai kondisi mesin yang lebih optimal. Tentu saja selama pemakaian printer tidak berlebihan.

Sementara printer yang jarang digunakan cenderung lebih cepat rusak. Saat printer jarang digunakan, tinta bisa kering. Kondisi ini menjadi tidak ideal bagi printer head, akibat kekurangan tinta cair untuk disalurkan ke atas kertas.

BACA JUGA: Menaruh Laptop di Paha Bikin Mandul?

Selain itu, sebuah printer yang lama tidak digunakan bisa berakibat fatal bagi kondisi printer head. Karat dan tinta yang mengering akan sulit dibersihkan jika sudah menempel pada printer head dalam waktu lama. Akibatnya, tinta pun tidak bisa keluar dengan maksimal akibat lubang di printer head sudah tertutup karat atau tinta yang mengering.

Jadi, akan lebih baik jika Anda selalu menggunakan printer secara rutin, paling tidak setiap seminggu sekali. []

REDAKTUR: MILA MUNAWWAROH | SUMBER: FOLDERTEKNO

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline