Maag dan Jomblo (foto: wartakota)

Ini Tips Puasa Ramadhan Bagi Penderita Maag

Puasa adalah keadaan dimana seorang Muslim harus menahan hawa nafsu, makan dan juga minum selama sehari lamanya. Di waktu puasa itulah banyak Muslim yang menderita penyakit maag kebingungan saat akan melaksanakan puasa Ramadhan.

Lalu, bagaimana cara seseorang yang mempunyai riwayat penyakit maag tetap dapat melaksanakan puasa ramadhan dengan baik? Inilah tips puasa Ramadhan bagi penderita maag menurut Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, konsultan saluran pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Menurut dr. Ari, seseorang penderita maag boleh untuk berpuasa. Jika hal tersebut dilakukan dengan benar justru baik untuk kesehatan.

“(Penderita maag) boleh (berpuasa), justru lebih baik,” katanya.

Tapi tidak semua penderita maag diperbolehkan berpuasa. Dr Ari menjelaskan penderita sakit maag bisa berpuasa, kecuali yang mengalami dispepsia (sakit maag) organik yang belum diobati terutama jika ada tanda alarm.

“Sakit maag fungsional akan membaik jika berpuasa. Biasanya kalau siang ngemil cokelat, minum kopi padahal paginya di rumah sudah ngopi 2 gelas, nanti sore ngemil lagi, cokelat atau keripik pedas. Kan sebenarnya itu yang bikin maag. Nah, saat berpuasa makannya jadi teratur, mengurangi makan camilan yang berlemak, mengurangi rokok, mengurangi minum kopi dan minuman bersoda dan pengendalian diri, misalnya seperti banyak berzikir. Itu akan membuat maag-nya jadi sembuh. Sedangkan pada maag organik, untuk berpuasa memang perlu dikonsultasikan dulu dengan dokter,” jelas Dr. Ari dilansir Detik.

Bagaimana agar penderita maag tetap sehat dan bugar menyelesaikan puasa Ramadan?

  1. Tetap melaksanakan sahur dan buka puasa
  2. Tetap minum obat bagi yang berpenyakit kronis
  3. Tetap melakukan ibadah salat tarawih
  4. Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan
  5. Banyak minum air waktu buka sampai sahur
  6. Jumlah tidur yang cukup, tidak berlebihan.

Demikianlah tips bagi penderita maag agar dapat tetap menjalankan puasa Ramadhan dengan aman dan sehat. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

ibadah hari raya idul adha

Fikih seputar Lebaran, dari Malam Takbiran hingga Shalat Ied

Fikih Lebaran di sini maksudnya adalah sejumlah hukum syara’ yang terkait dengan hari raya Idul Fitri, baik sebelum, pada saat, maupun sesudah shalat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *