Ini Tujuan Allah SWT Menciptakan Lalat

0

Lalat merupakan salah satu hewan yang tidak disukai oleh sebagai orang. Hal ini dikarenakan lalat yang sering berada di kotoran juga kerap kali hinggap ke dalam makanan ataupun minuman kita. Kebiasaan lalat ini membuat manusia jijik.

Karena sering berada di tempat kotor, maka tidak heran banyak orang yang merasa bahwa lalat adalah binatang pembawa berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, banyak orang yang kemudian bertanya mengapa Allah SWT menciptakan binatang yang banyak mudharatnya? Ternyata, Al-Quran memiliki jawaban atas pertanyaan tersebut. Allah SWT berfirman yang artinya,

“Hai Manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun. Walaupun mereka bersatu untuk membuatnya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pula) yang disembah,” (QS. Al Hajj: 73).

Dari ayat di atas, kita bisa mengambil pelajaran bahwasanya hanya Allah SWT sebagai satu-satunya Dzat yang wajib disembah. Selain itu, kita juga diwajibkan untuk meninggalkan kesyirikan yang biasa dilakukan oleh para penyembah berhala.

Ternyata tujuan utama Allah SWT membuat perumpamaan demikian adalah untuk menghinakan berhala dan orang yang menyembahnya. Maka dari itu, Allah SWT dengan sengaja memperlihatkan satu makhluk yakni lalat, yang mana berhala serta yang menyembah berhala tersebut tidak dapat membuatnya. Meskipun mereka berkumpul, maka benda-benda mati tersebut tidak akan pernah bisa melakukannya.

Bahkan dalam perumpaan yang sebutkan dalam Al-Quran tersebut, Allah menggambarkan bahwa lalat lebih kuat untuk mempertahankan sesuatu yang telah diambilnya sehingga kaum menyembah berhala tersebut tidak mampu untuk mengambilnya kembali.

Allah SWT tentu saja memiliki maksud tersendiri dalam penciptaan segala sesuatu yang ada di semesta ini. Terlebih lagi jika ciptaan tersebut disebutkan dalam Al-Quran, pasti ada maksud tersendiri di balik itu semua. []

Sumber: Infoyunik

Kamu Sedang Offline