Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Waktu Tepat Shalat Dhuha dan Keutamannya

0

Shalat Dhuha adalah shalat yang dilakukan ketika matahari meninggi hingga mendekati waktu zawal (matahari bergeser ke barat). Menurut Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin, waktu shalat dhuha mulai dari matahari setinggi tombak hingga mendekati waktu zawal.

Beliau juga menjelaskan bahwa waktu tersebut dimulai kira-kira 20 menit setelah matahari terbit, hingga 10 atau 5 menit sebelum matahari bergeser ke barat.

Sedangkan untuk hukum Shalat Dhuha, menurut pendapat yang paling kuat, adalah sunnah secara mutlaq dan boleh dirutinkan.

Dalil yang menunjukkan keutaman shalat dhuha disampaikan Abu Hurairah. Beliau mengatakan,

أَوْصَانِى خَلِيلِى – صلى الله عليه وسلم – بِثَلاَثٍ صِيَامِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَرَكْعَتَىِ الضُّحَى ، وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَنَامَ

Kekasihku –yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam- mewasiatkan tiga nasehat padaku: Berpuasa tiga hari setiap bulannya, Melaksanakan shalat Dhuha dua raka’at, dan Berwitir sebelum tidur,” (HR Muslim. 721).

Keutamaan Shalat Dhuha lainnya adalah dapat menggantikah kewajiban sedekah seluruh persendian di dalam tubuh yang jumlahnya sangat banyak.

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda,

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at,” (HR. Muslim no. 720).

Demikian waktu pelaksanaan Shalat Dhuha dan keutamaannya yang dikutip dari Rumaysho.com. []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline