smk jurusan kopi
Foto: Food Hacks

Ini Waktu Terbaik Ngopi saat Ramadhan

Hampir semua aktivitas berubah sedemikian rupa saat kita berada di bulan Ramadhan, termasuk menyeruput secangkir kopi atau ngopi. Kapan sebaiknya kita ngopi saat bulan puasa?

Seperti dilansir situs resmi Nestle, Ahad (27/05/2018), ada beberapa tips bagi penikmat kopi agar tetap bisa menikmati kopi di bulan Ramadhan.

Pertama, pada dua pekan sebelum Ramadhan, kalau biasanya Anda minum kopi tiga cangkir sehari, mulailah mengurangi dengan minum setengah cangkir kopi tanpa kafein, dan setengahnya lagi dengan kopi berkafein selama dua tiga hari pertama.

Pada akhir pekan pertama, perlahan-lahan tingkatkan menjadi satu cangkir tanpa kafein dan dua cangkir berkafein. Setelah itu, satu pekan sebelum Ramadhan, secara bertahap cobalah untuk meminum dua cangkir tanpa kafein dengan mengikuti metode sebelumnya (setengah tanpa kafein, setengah berkafein sampai semuanya tanpa kafein).

Pastikan untuk minum kopi berkafein dua jam setelah shalat Magrib agar mempersiapkan diri untuk rutinitas Ramadhan.

Kedua, saat memasuki bulan Ramadhan, hindari berbuka puasa dengan minum kopi. Karena kafein akan merangsang pelepasan asam lambung pada perut kosong. Sehingga bisa menyakiti mukosa lambung Anda.

Selain itu, makanlah makanan yang ideal untuk berbuka puasa. Karena makanan yang baik akan menyediakan kebutuhan gula bagi tubuh, terutama otak. Anda dapat meminum secangkir kopi dua jam setelah menyelesaikan berbuka puasa.

Dengan cara ini, Anda akan membiarkan banyak waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan tingkat glukosa darahnya dengan iftar seimbang. Secangkir kopi juga akan berguna untuk menghilangkan kantuk setelah makan saat berbuka puasa dan membuat sholat tarawih menjadi lebih segar.

“Sedangkan, untuk malam hari, jika Anda menikmati kopi saat larut malam, cobalah secangkir tanpa kafein sebelum tidur. Anda juga dapat memilih teh herbal seperti thyme atau chamomile yang sehat dan menenangkan,” tulis Nestle.

Kemudian, saat sahur, Anda dapat menikmati secangkir kopi bersama dengan makanan yang seimbang. Ini akan membantu Anda tetap waspada sepanjang hari.

Ingat, bahwa asupan makanan yang seimbang dan sehat serta pengisian cairan yang kuat adalah kunci untuk menyediakan energi yang diperlukan untuk tubuh. Dan kopi adalah dorongan yang Anda butuhkan, untuk meningkatkan rasa waspada dan konsentrasi Anda. []

Sumber: Gomuslim


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

ibadah hari raya idul adha

Fikih seputar Lebaran, dari Malam Takbiran hingga Shalat Ied

Fikih Lebaran di sini maksudnya adalah sejumlah hukum syara’ yang terkait dengan hari raya Idul Fitri, baik sebelum, pada saat, maupun sesudah shalat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *