Foto: Wallpapers Wide

Ini yang Terjadi Jika Lailatul Qadar Diketahui Waktunya

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan dibandingkan bulan lainnya adalah hadirnya Lailatul Qadar. Dimana Lailatul Qadar sendiri adalah malam seribu bulan. Maksudnya, seseorang yang beribadah pada malam itu pahalanya melebihi ibadah lainnya dalam seribu bulan lamanya. Namun, Allah tidak menjelaskan secara rinci kapan Lailatul Qadar itu terjadi. Karena saat demikian, ini yang terjadi jika Lailatul Qadar diketahui waktunya.

BACA JUGA: Sambut Malam Lailatul Qadar, Ini Doa yang Harus Dibaca

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).

Mengutip laman Rumaysho, hikmah dan alasan kenapa Allah Subhanahu wa Ta’ala merahasiakan waktu Lailatul Qadar adalah salah satu ketetapan yang dikehendaki-Nya. Saat itu, biasa jadi agar para hamba bersungguh-sungguh beribadah di setiap malam, dengan harapan agar mendapatkan Lailatul Qadar.

Bagi siapa yang meyakini bahwa Lailatul Qadar ada pada malam tertentu, maka ia akan menghidupkan malam tersebut dengan ibadah. Dan bagi siapa yang ingin memastikan dirinya mendapatkan malam tersebut, hendaknya ia mencurahkan semua waktunya untuk beribadah kepada-Nya sepanjang bulan Ramadhan sebagai bentuk syukur kepada-Nya dan membenarkan janji-Nya. Insya Allah, inilah hikmah utama dirahasiakannya Lailatul Qadar. Dan inilah yang disyaratkan dalam sabda Nabi ﷺ,

BACA JUGA: Amalan Nabi Muhammad SAW Pada Malam Lailatul Qadar

Sesungguhnya aku telah keluar untuk memberitahu kepada kalian (kapan Lailatul Qadar itu). Tetapi (di tengah jalan) aku bertemu dengan fulan dan fulan yang sedang bertengkar, sehingga aku terlupa kapan malam itu. Semoga ini lebih baik bagi kalian. Oleh karena itu, carilah malam tersebut pada (malam) kesembilan, ketujuh, dan kelima (dari sepuluh hari terakhir).” (HR. al-Bukhari). []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *