Universitas Ciputra Entrepreneurship Online

Ini yang Terjadi Ketika Tubuh Kekurangan Cairan

Banyak penelitian yang menyebutkan dehidrasi dapat menurunkan tingkat konsentrasi dan kewaspadaan seseorang akan kondisi sekitarnya, termasuk saat bekerja di kantor.

Kenapa yang di bahas saat bekerja dikantor?

Karena biasanya ketika dikejar deadline kita tak ingat makan ataupun minum. Yang ada dipikiran hanya pekerjaan selesai. Atau kebiasaan buruk dikantor ialah meminum kopi terus menerus tanpa memberikan cairan lain untuk tubuh.

BACA JUGA: Keracunan Air, Apa Bisa?

Umumnya, setiap orang membutuhkan asupan air putih sebanyak 8 gelas perhari. Ini bisa kurang dan lebih sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Tapi idealnya, seseorang minum air putih sebanyak 8 gelas perhari agar kondisi kesehatannya senantiasa baik.

Dilansir dari laman boldsky.com, orang yang kurang mengonsumsi air putih akan mengalami sakit punggung, cepat lelah dan mudah emosi.

Tak hanya itu saja, beberapa ahli juga percaya jika asupan air putih atau cairan yang kurang, ini bisa menurunkan konsentrasi otak.

Akibatnya, orang ini tidak akan fokus pada apa yang sedang dikerjakannya, mudah lupa dan kurang semangat. Kurang konsumsi air putih juga bisa menurunkan kewaspadaan seseorang terhadap sekitarnya.

Semakin jarang kamu minum, makan semakin banyak masalah kesehatan yang mengintai. Kurang minum juga bisa membuat mood kamu memburuk.

Dibandingkan dengan mereka yang minum air putih cukup, kamu yang kekurangan asupan cairan akan lebih mudah sakit kepala, mengantuk, bingung dan cemas akan sekitarmu.

Kurang minum dalam jangka waktu lama, ini bakal berpengaruh besar terhadap kesehatan ginjal. Jadi, usahakan agar senantiasa konsumsi air putih cukup setiap harinya. Sesibuk apapun kamu bekerja dan beraktivitas, jangan pernah lupa untuk minum air cukup.

Dilansir dari laman hellosehat.com ada beberapa tips supaya lebih banyak minum air putih di kantor

1. Jangan jadikan kesibukan kantor sebagai alasan untuk jarang minum air putih.

Segeralah minum setiap kali anda mulai merasa haus atau ketika tenggorokan terasa kering.

2. Akan lebih mudah untuk mengingat agar banyak minum air putih jika sumber airnya dekat.

Triknya, begitu sampai kantor pagi-pagi, langsung isi botol air besar atau gelas besar hingga penuh dan taruh di atas meja, tepat di depan mata dan dalam jangkauan tangan, sehingga anda bisa dengan mudah melihat dan meraihnya.

BACA JUGA: Hati-hati, Minum Air Dingin saat Cuaca Panas

3. Cara lainnya, anda bisa mengatur alarm ponsel per dua jam sekali (atau lebih sering) guna mengingatkan anda lebih banyak minum air putih.

4. Saat di kamar mandi, perhatikan warna urin anda.

Bila urin anda berwarna kuning pekat dan berbau pesing, ini tandanya anda sudah kekurangan cairan. Kemudian setiap sekembalinya dari kamar mandi, mampir dulu ke pantry untuk menenggak segelas air. Setiap kali anda melewati dispenser air, isi gelas anda. []


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *