Inilah 10 Tempat yang Selamat dari Bencana Dahsyat, No.10 di Indonesia

INSPIRADATA. Bencana yang ditimbulkan oleh alam maupun perang, meski kita bisa saja memprediksikan waktu lewat indikasi atau ciri-ciri datangnya, tapi tak bisa memprediksikan seberapa parah yang akan ditimbulkan bukan?

Banyak yang menjadi korban dari bencana-bencana yang melanda, baik itu orang, harta maupun bangunan. Tapi masih banyak pula, saksi-saksi bisu yang selamat dari efeknya. Ya, kita sebut saja bangunan-bangunan bersejarah dalam bencana dahsyat.

Seperti disitat dari BrainBerries, berikut ini 10 bangunan yang selamat dari bencana:

1. St. Paul’s Chapel di Kota New York, Amerika Serikat.

Tragedi 11 September di tahun 2001 silam. Yang merupakan serangan teroris di gedung World Trade Center itu memang sangat memilukan. Namun, Kapel St. Paul yang letaknya dekat dengan gedung WTC tetap utuh meskipun gedung di sekitarnya telah menjadi puing.

2. Pompeii di Italia.

Kota Pompeii yang hancur pada tahun 79 Masehi karena letusan Gunung Vesuvius yang menutupi kota dengan abu hanya dalam waktu singkat. Bencana ini terjadi begitu cepat, sehingga tidak ada orang yang bisa menyelamatkan diri.

Namun ternyata masih ada peninggalan bangunan-bangunan yang tetap kokoh berdiri dan kini dipelihara oleh pihak pemerintah.

3. Gerbang Brandenburg di Berlin, Jerman.

Berlin menjadi tempat aksi pengeboman paling dahsyat selama terjadinya serangan sekutu di tahun 1945. Namun, Gerbang Brandenburg tetap bertahan saat Perang Dunia II dan masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Gerbang itu merupakan satu-satunya bangunan di Berlin yang tidak hancur oleh bom.

4. Katedral Cologne di Cologne, Jerman.

Selama serangan bom yang terjadi bertubi-tubi pada tahun 1942 di Cologne, ada satu katedral yang tidak hancur dan tetap utuh. Meski Cologne sendiri dibombardir lebih dari 1.000 bom dan pusat kota berubah menjadi puing dalam hitungan menit.

Katedral Cologne tetap bertahan dan berdiri kokoh hingga sekarang. Dan juga katedral ini menjadi bangunan kebanggaan warga Cologne, Jerman.

5. Hiroshima Peace Dome di Jepang.

Pemboman Hiroshima dan Nagasaki telah mengejutkan seluruh dunia. Kota yang 90% hancur akibat serangan dan ribuan orang tewas, satu-satunya bangunan yang masih berdiri di Hiroshima adalah Hiroshima Prefectural Industrial Promotion Hall.

Dan kini bangunan ini masih berdiri kokoh dengan nama Hiroshima Peace Memorial Park dan namanya diubah lagi menjadi A-Bomb Dome.

6. Kuil Sanno di Nagasaki, Jepang.

Ketika bom kedua dijatuhkan di Jepang dan menghancurkan Kota Nagasaki beserta semua warganya, satu-satunya yang tertinggal Torii berkaki satu di Kuil Sanno. Torii merupakan pintu masuk ke kuil, menunjukkan betapa sucinya bagian dalam pada kuil.

7. Menara Air Chicago di Illinois, Amerika Serikat.

Menara Air Chicago dibangun pada tahun 1800-an untuk memasok air minum bagi warga Chicago. Pada tahun 1871, kebakaran mengerikan telah menghancurkan sebagian besar kota.

Menara ini merupakan salah satu bangunan yang masih bertahan dari bencana itu. Hingga kini, Menara Air Chicago masih berdiri kokoh, namun sudah tidak digunakan lagi.

8. Boudhanath Stupa di Kathmandu, Nepal.

Monumen Budha yang sangat spektakuler ini telah bertahan dari gempa terkuat yang terjadi Kota Kathmandu. Sebagian besar bangunan hancur, bahkan Menara Dharahara yang berdiri tepat di sampingnya ikut hancur akibat gempa yang terjadi di tahun 2015.

Namun Boudhanath Stupa tidak rusah dan masih tetap ada hingga kini.

9. Kota Hantu di Pripyat, Ukraina.

Bencana nuklir Chernobyl merupakan salah satu bencana paling mengerikan dalam sejarah manusia. Pripyat adalah kota yang ditinggalkan karena berada di zona radioaktif.

Ribuan orang dievakuasi dari sana tanpa sempat mengemasi barang-barang mereka. Nggak heran kota ini masih ditemukan banyak barang-barang yang tetap utuh.

10. Masjid Baiturrahman di Banda Aceh, Indonesia.

Pada tahun 2004, ujung barat Indonesia dilanda gempa dan tsunami dahsyat. Salah satu yang paling parah adalah Kota Banda Aceh, di mana hampir seluruh daratannya disapu bersih oleh tsunami.

Namun rumah ibadah terbesar di banda Aceh ini pun tetap berdiri kokoh hingga sekarang setelah bencana besar yang dahsyat itu melanda.

Sumber: BRILIO


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *