bahaya merebus air matang
Foto: Vebma.com

Inilah 3 Bahaya Air Matang yang Direbus Lagi

Mengonsumi air memang baiknya direbus terlebih dahulu. Hal ini agar kuman atau pun bakteri-bakteri yang ada di dalamnya mati. Namun yang keliru adalah ketika merebus kembali air yang sudah matang.

Namun tahukah Anda, merebus air yang sudah matang itu berbahaya bagi kesehatan?

Berikut beberapa bahaya kandungan kimia yang terdapat pada air matang yang dimasak kembali.

[bs_smart_list_pack_start][/bs_smart_list_pack_start]

1. Arsenik

Kandungan arsenik dapat menyebabkan keracunan yang mampu melemahkan fisik secara perlahan selang waktu beberapa tahun. Efek arsenik meliputi gangguan pencernaan, gangguan kulit, neuropati perifer, gangguan ginjal. Diabetes, penyakit jantung dan juga kanker.

2. Nitrat

Meski bisa ditemukan secara alami di tanah, air, dan udara, namun bahan kimia ini bisa berubah menjadi racun yang sangat berbahaya bila digunakan sebagai pengawet makanan atau saat terkena panas yang sangat tinggi seperti pada air yang mendidih.

3. Flouride

Dari beberapa penelitian, flouride yang terdapat di dalam air minum bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan tubuh kita.

Universitas Harvard menyimpulkan hasil penelitian lebih dari 27 penelitian yang dilakukan selama 22 tahun terkait dampak paparan flouride terhadap fungsi neurologis dan kognitif pada anak-anak bahwa kandungan flouride yang ditemukan dalam air minum dapat mengakibatkan IQ rendah dikalangan anak-anak. Bahkan, hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Jurnal Ilmu Kesehatan Lingkungan.

Jadi, alangkah lebih baik jika Anda tidak merebus lagi air yang sudah matang. Cukup rebus air yang mentah hingga mendidih jika memerlukan air matang. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *