amal, Inilah 3 Cara ‘Menunda Kematian’
Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah 3 Cara ‘Menunda Kematian’

0

INSPIRADATA. Kematian adalah sebuah kepastian. Semua makhluk yang bernyawa pasti akan mati. Itulah yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Di dalam hadis juga disebutkan bahwa keluarga, harta, dan amal semuanya akan ditinggalkan, kecuali satu saja, yaitu amal.

Itulah yang dimaksud sengan ungkapan ‘Menunda kematian’ dalam judul diatas. Raga boleh saja mati, namun amal akan menjadi bekal kehidupan ‘baru’ kita setelah kematian. Kebaikan dari amal-amal kita semasa hidup akan terus mengalir hingga ke akhirat.

Related Posts
2

Ke Manapun Kamu Pergi, Kematian Pasti Datang

Dalam satu hadist, Rasulullah SAW bersabda kalau sebaik-baik manusia yaitu manusia yang banyak manfaatnya untuk orang lain. Dengan hal tersebut, walaupun kematian tak dapat diundur, tetapi amalan ‘penunda kematian’ ini dapat jadi jalan untuk kita untuk mencapai predikat manusia paling baik di hadapan Allah SWT.

Dilansir dari beberapa artikel dari berbagai sumber, berikut ini amalan yang menjadi cara ‘menunda kematian’ tersebut:

  1. Bersedekah. Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya sedekah seseorang muslim bisa memberi umurnya, bisa mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah bakal menghilangkan karakter sombong, kefakiran, serta sifat berbangga diri darinya” (HR Thabrani). Al Qur’an juga menyebutkan kalau orang-orang yang bakal mewarisi surga seluas langit serta bumi yaitu mereka yang ingin bersedekah di saat lapang ataupun sempit.
  2. Menyambung tali silahturrahmi. Rasullah SAW bersabda: “Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang, maka hendaknya ia bersilaturahmi”. (HR Bukhari). Silahturahmi tidak hanya dilakukan pada kerabat yang dikatan pada hubungan darah saja, tetapi juga pada saudara muslim kita. Silahturrahmi tidak hanya memperpanjng umur tetapi juga menambah rezeki.
  3. Berbakti kepada kedua orang tua. Rasullah SAW bersabda: “Barang siapa senang (berharap) Allah memperpanjang umurnya dan menambah rizkinya maka hendakalah berbakti pada kedua orang tuanya dan menyambung hubungan sanak famili”. (HR Al Baihaqi) Berbakti kepada orang tua dengan sebaik baiknya perilaku seorang anak yang baik bisa menjadi ladang amal menuju surga yang diridhoi Allah. []

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.