muslim yang menyesal di akhir bulan ramadhan
Foto: YouTube

Inilah 3 Panggilan Allah SWT untuk Manusia

Tahukah Anda Allah Subhanahu wa Ta’ala memanggil umat-Nya seumur hidup hanyalah tiga kali? Lalu, kapan sajakah Allah Subhanahu wa Ta’ala memanggil hamba-hamba-Nya? Yakni saat adzan berkumandang, haji dan kematian.

1. Adzan

Melalui adzan Allah Subhanahu wa Ta’ala memanggil umat-Nya untuk mengerjakan shalat lima waktu. Ketika masuk waktu shalat, adzan akan dikumandangkan. Jika kita melaksanakan shalat setelah adzan berkumandang maka kita telah memenuhi seruan atau panggilan Allah. Namun, dalam panggilan ini Allah tidak mudah marah meskipun hamba-Nya tidak menanggapi panggilan-Nya secara langsung.

Meskipun demikian, Allah tetap memberikan rahman-Nya kepada hamba-hamba-Nya, memberikan kecukupan rezeki-Nya, kebahagian bagi hamba-Nya dan kenikmatan-kenikmatan lainnya. Akan tetapi, Allah tidak akan memberikan rahim-Nya kelak di hari Akhir.

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu senantiasa menangis ketika mendengar panggilan Adzan. Ketika beliau ditanya perihal keadaannya, beliau menjawab: “Seandainya semua orang tahu makna dari seruan muadzin itu, pasti tidak akan bisa beristirahat dan tidur nyenyak.”

2. Haji

Panggilan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang kedua ini diperuntukkan bagi orang-orang mampu menjalankannya. Tidak semua Muslim memiliki kesempatan dalam memenuhi panggilan Allah yang satu ini.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya, “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh,” (QS. Al-Hajj: 27).

3. Kematian

Panggilan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang terakhir kepada manusia adalah kematian. Tidak ada satupun orang yang tahu kapan ia akan mendapatkan panggilan ini. Jika panggilan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang pertama dan kedua dapat kita ketahui kapan waktunya, tetapi kematian ini kita tidak akan pernah mengetahuinya.

Allah berfirman yang artinya, “Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. al-Munafiqun : 11). []

Sumber: Catatan Muslimah


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *