hukum bersalaman
Foto: Favim.com

Inilah 4 Ciri Orang yang Mendapat Hidayah dari Allah

Hidayah merupakan hak mutlak yang dimiliki Allah. Kepada siapa dan dimana hidayah tersebut muncul, kita tidak akan pernah tahu. Bersyukurlah ketika manusia mendapatkan hidayah dari Allah, karena itu merupakan bentuk Allah masih memberikan kesempatan padanya untuk bertaubat. Sebagaimana dalan firmanNya,

“Sesungguhnya kalian tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kalian kasihi, tetapi Alloh memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Alloh lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” (QS. Al-Qashash [28]: 56).

Siapapun yang saat ini mendapatkan hidayah hendaknya merawat sebaik-baiknya hidayah tersebut. Adapun ciri-ciri orang yang mendapatkan hidayah adalah:

1. Ikhlas
Orang yang ikhlas adalah orang yang senantiasa mencari ridho Allah SWT. Apapun yang dilakukannya hanyalah demi mengharapkan ridho Allah, sehingga ia akan berusaha meninggalkan yang Allah benci dan menjalankan semua yang Allah perintahkan. Sifat ikhlas berada pada orang-orang yang langka, karena ikhlas memang mudah di mulut tapi sulit untuk dilakukan.

2. Iman dan Cinta Kepada Allah
Cinta merupakan dasar dari Iman itu sendiri. Jika kita cinta kepada Allah, tentu kita akan sebenar-benarnya mengimani Allah SWT melebihi segala cinta kita kepada dunia dan seisinya.

Imam Syafi’I berkata, “Ketika hatimu terlalu berharap kepada manusia/seseorang, maka Allah akan timpakan kepadamu pedihnya pengharapan karenanya. Supaya kamu tahu bahwa Allah sangat mencemburui hati yang berharap pada selainNya. Maka Allah menghalangi dari perkara tersebut, agar kamu kembali berharap hanya kepadaNya”.

3. Amalan Baik
Salah satu nikmat dari hidayah yang Allah beri adalah kemudahan sang hamba dalam menjalankan amalan-amalan keabaikan demi selalu dekat denganNya. Tak mudah memang untuk terus istiqomah dalam amalan kebaikan. Karena setan tak akan pernah berhenti menggoda anak Adam sebelum datangnya kiamat.

4. Sabar
Sabar akan membuat seseorang menjadi pantang menyerah, tak mudah putus asa, serta pantang berhenti walaupun ada halangan atau kegagalan yang menghalangi langkahny untuk mencapai impiannya. Dengan segenap tenaga, ia akan terus berusaha mewujudkan harapan dan impiannya tersebut dalam upaya demi mencari ridho dari Allah SWT.

Seperi itulah empat ciri yang ada pada diri seorang hamba Allah yang telah mendapatkan nikmat hidayah dalam kehidupannya. Oleh karena itu, jika kita belum menemukan diri kita seperti itu, maka banyaklah istighfar, minta ampun pada Allah. Karena Allah sebenarnya tidak pernah menjauh, hanya saja kita yang sering lupa bahwa hanya Dialah satu-satunya yang selalu ada di dekat kita, bahkan lebih dekat dari urat nadi kita. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *