dzikir pembuka pintu rezeki
Foto: AlimanCenter.com

Inilah 5 Amalan Sunnah Sebelum Tidur

Salah satu sifat alamiah seorang mahluk hidup adalah membutuhkan tidur. Dengan tidur tentunya manusia sebagai salah satu makhluk hidup akan mengistirahatkan organ tubuhnya. Gunanya, agar ia kembali segar untuk beraktifitas esok hari.

Islam adalah agama yang sempurna, Al Quran adalah sebaik-baiknya pedoman, dan Rosulullah SAW adalah sebaik-baiknya suri tauladan. Dari semua itu islam telah mengatur kehidupan manusia dari berbagai hal, termasuk disini keadaan sebelum Anda tidur.

Dan Rosulullah SAW telah memberikan contohnya bagaimana hendaknya manusia melakukan langkah-langkah amalan sebelum tidur. Amalan-amalan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW tersebut adalah:

Biasakan Berwudhu
“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Tidurlah dengan Posisi Berbaring, Hindari Tidur Tengkuap
“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Rasulullah telah melarang tidur tengkurap. Sebagaimana Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud)

Bersihkan Terlebih Dahulu Tempat Tidur Kita
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…”.  (HR. Bukhari dan Muslim).

Tidur Sesegera Mungkin Setelah Isya
“Bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘allaihi wasallam membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Membaca Dzikir
Dengan berdzikir tentunya manusia akan senantiasa mengingat-Nya baik sesaat sebelum tidur hingga setelah bangun tidur. Hal tersebut dimaksudkan agar saat tidur juga kita tetap dalam kondisi mememang keyakinan dengan mengingat-Nya. []

Sumber: Ar Rahmah


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *