Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah 5 Bahan Makanan Termahal di Dunia

0

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Namun, seiring perkembangan jaman, makanan tak hanya jadi sekedar asupan untuk mengenyangkan perut atau memenuhi selera semata. Perkembangan dunia kuliner membuat makanan menjadi bagian dari trend dan gaya hidup. Bahkan menjadikannya sebagai sebuah prestise.

Tak jarang, jenis makanan tertentu memiliki nilai setara emas atau lebih. Bahkan, bahan dasar dalam membuat makanan tersebut bisa digolongan menjadi yang termahal di dunia.

Related Posts
2

Ini 5 Makanan Jepang yang Bisa Bikin Awet Muda

Dilansir dari TribunTravel, berikut ini lima bahan makanan termahal di dunia:

makanan mahal, Inilah 5 Bahan Makanan Termahal di Dunia
Foto: iStock
1 of 5

Beluga Caviar

Beluga caviar merupakan telur ikan Sturgeon yang hanya ditemukan di perairan tertentu. Populasi ikan ini sangat dilindungi karena terancam punah jadi penangkapan ikan ini sangatlah dibatasi secara ketat.

Telur ikan ini memiliki warna yang bervariasi mulai dari hitam, ungu sampai putih. Semakin pucat warnanya, semakin mahal pula harganya. Sekilonya saja bisa dihargai sampai Rp. 60 juta, lho.

makanan mahal, Inilah 5 Bahan Makanan Termahal di Dunia
Foto: iStock
2 of 5

Safron

Sekilas safron mirip seperti rempah pada umumnya, namun rempah ini memiliki harga yang luar biasa. Bagaimana tidak, satu pon safron bisa dihargai sekitar Rp 25 juta.

Harga yang mahal ini dikarenakan rempah ini harus dipisahkan serat-seratnya dengan tangan, yang artinya untuk membuat rempah ini siap dijual memerlukan proses yang panjang dan teliti.

makanan mahal, Inilah 5 Bahan Makanan Termahal di Dunia
Foto: Getty Images
3 of 5

Matsutake

Matsutake adalah salah satu jenis jamur yang konon rasanya enak dan tergolong langka. Kelangkaan bahan pangan inilah yang membuat matsutake dibanderol dengan harga mencapai Rp 25 juta per kilonya.

Saking mahalnya, jamur ini hanya digunakan sebagai hadiah atau persembahan tertentu saja.

makanan mahal, Inilah 5 Bahan Makanan Termahal di Dunia
Foto: time
4 of 5

Fugu

Fugu atau yang dikenal dengan ikan buntal merupakan bahan makanan yang sangat populer di Jepang. Hanya orang-orang yang ahli lah yang boleh mengolah ikan ini untuk dijadikan masakan, karena jika salah mengolahnya bisa menyebabkan siapapun yang mengonsumsi akan keracunan dan meninggal.

Inilah yang membuat ikan fugu menjadi mahal hingga harganya mencapai Rp 3 juta per kilogram.

makanan mahal, Inilah 5 Bahan Makanan Termahal di Dunia
Foto: live5news
5 of 5

Foie gras (hati bebek)

Menu Foie gras atau hati bebek ini ada di resto-resti ternama atau hotel-hotel berbintang dengan taraf internasional.

Bahan baku hati bebek ini sangat mahal dan bisa mencapai Rp 2 juta per kilogramnya karena sebelum dipotong dan dimasak, bebek ini akan dipaksa makan banyak terlebih dahulu supaya beratnya mencapai angka tertentu.

Makanan dimasukkan langsung ke tenggorokan bebek dengan cara kasar karena pasti akan ada penolakan. Proses ini tak hanya membuat harga Foie Gras menjadi tak masuk akal, tapi juga menimbulkan pro dan kontra. Beberapa negara bahkan melarang makanan tersebut untuk diperjualbelikan. []

SUMBER: TRIBUN TRAVEL


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline