Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah 5 Negara dengan Upah Buruh Terendah di Dunia

0

Upah buruh menjadi salah satu pertimbangan dari para investor yang akan menanamkan sahamnya. Selain itu juga, kompetitif tidaknya suatu produk juga akan mejadi acuan investor.

Negara Cina dikenal dengan upah buruhnya yang murah. Ini menyebabkan barang-barang produksi asal negara tersebut dijual dengan harga yang kompetitif. Namun, apakah Cina termasuk salah satu negara dengan upah buruh termurah di dunia?

Dikutip dari lama The Richest, setidaknya ada lima negara yang memiliki upah buruh paling rendah di dunia. Negara apa saja yang dimaksud? Berikut uraiannya.

5. Banglades

Di Banglades, buruh diberi upah 228 dollar AS per tahun atau setara Rp 3 juta. Upah buruh minimum yang didapat per bulan bisa mencapai 19 dollar AS per bulan atau setara sekira Rp 252.700. Banglades juga merupakan salah satu negara dengan biaya hidup terendah di dunia.

4. Kirgistan

Kirgistan menawarkan upah buruh minimum 14 dollar AS per bulan atau sekira Rp 186.200. Pertahunnya, upah buruh di negara ini mencapai 181 dollar AS atau setara Rp 2,4 juta. Kendati demikian, investor seperti tertantang untuk berinvestasi di negara ini karena kondisi geografis negara ini memiliki sekitar 40.000 aliran sungai, hampir 8.000 glasier, dan 1.923 danau, serta 94 persen wilayahnya adalah pegunungan.

3. Kuba

Di negara yang pernah dipimpin Fidel Castro ini, upah buruh minimum mencapai 108 dollar AS per tahun atau setara Rp 1,4 juta. Upah buruh per bulan di negara tersebut yaitu sekira 9 dollar AS per bulan atau setara sekira Rp 119.700. Dibandingkan negara tetangganya, upah minimum di Kuba jauh lebih rendah. Minimnya fasilitas publik yang dimiliki negara ini membuat investor asing berpikir dua kali untuk menanamkan modalnya.

2. Georgia

Negara yang lokasinya berada di perbatasan Eropa dan Asia ini memiliki upah buruh sekira 48 dollar AS per bulan atau setara sekira Rp 638.400. Namun, sektor perusahaan swasta menetapkan upah paling kecil yakni 8 dollar AS per bulan atau setara sekira Rp 106.400.

1. Uganda

Di posisi pertama, upah buruh terendah ada di negara Uganda. Upah buruh di Uganda berada di angka 1,7 dollar AS atau setara sekira Rp 22.610. Dalam setahun, upah buruh di negara ini mencapai 22 dollar AS atau setara sekira Rp 292.600. Meski begitu, ternyata biaya hidup di negara di Afrika ini juga sangat murah. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline