fakta sakit flu
Foto: Science

Inilah 5 Penyebab Kenapa Anda Sering Terkena Flu

Perubahan cuaca sering menjadi penyebab datangnya penyakit flu. Selain kondisi tubuh yang tidak stabil, masih ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan Anda jadi mudah terkena flu.

1. Tubuh Anda kurang vitamin D
Jika Anda sering sakit, Anda mungkin buth untuk meningkatkan asupan vitamin D. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa suplemen vitamin D mungkin membuat seseorang cenderung berisiko rendah terkena saluran pernapasan akut. Kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

2. Dehidrasi
Mayoritas organ di dalam tubuh mengandung carian. Ini berfungsi membawa nutrisi dan mineral, serta berfungsi menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan Anda tetap lembab. Sedangkan mulut, hidung, dan tenggorokan yang kering jadi mudah untuk terserang penyakit.

3. Makanan Anda masih tidak sehat
Jika Anda masih suka makan makanan yang tidak sehat dan bersih, hal itu memungkinkan Anda untuk sering terkena flu. Pola makan yang buruk juga meningkatkan risiko berbagai penyakit.

4. Kurang tidur
Sistem kekebalan tubuh akan  melepaskan hormon sitokin saat Anda tidur. Hormon sitokin merupakan bagian dari protein alami yang berfungsi melawan peradangan dan penyakit dalam tubuh.

Perlu diketahui juga kalau tubuh Anda membutuhkan lebih banyak protein sitokin saat Anda sedang sakit atau stres. Tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup protein pelindung jika Anda kurang tidur. Kalau Anda kurang tidur, berarti Anda menurunkan kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi dan virus.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara 7 dan 8 jam tidur setiap hari, sedangkan remaja dan anak-anak membutuhkan tidur 10 jam setiap hari.

5. Tangan tidak bersih
Kebersihan tangan menjadi salah satu penentu makanan yang kita makan itu bersih atau tidak. Karena kalau kotor dan tidak bersih, akan memicu banyak penyakit. Umumnya, tangan akan bersentuhan dengan banyak kuman sepanjang hari. Bila Anda tidak mencuci tangan secara teratur, Anda bisa menyebarkan penyakit. Anda juga akhirnya akan menginfeksi diri Anda sendiri. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *