Unik, Informatif , Inspiratif

Inilah 7 Cara Cagah Alzheimer, Nomor 7 Tak Disangka!

0

Alzheimer, sebuah penyakit yang kerap diidentikkan karena faktor usia. Padahal bisa saja menyerang para pemuda yang tak bisa menjaga diri dan kesehatannya.

Ya betul, meski alzheimer lebih rentang diidap oleh orang-orang dengan usia di atas 65 tahun, namun ada baiknya jika sejak muda, Anda dan kita semua melakukan pencegahan sehingga tetap sehat di usia tua.

Berikut kami kutip dari Halosehat, setidaknya 7 hal inilah yang dapat mencegah alzheimer

1. Makan Makanan Tinggi Antioksidan

Antioksidan dapat menjaga kondisi otak tetap sehat sehingga mencegah munculnya alzheimer. Antioksidan dapat diperole dari berbagai buah dan sayur, bawang-bawangan, anggur dan sebagainya.

2. Mengontrol Konsumsi Lemak

Konsumsi lemak secara berlebih dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung, stroke, dan juga alzheimer. Meski lemak dibutuhkan oleh tubuh sebagai cadangan energi, namun konsumsi yang berlebihan tetap tidak disarankan. Lemak yang berlebih dalam tubuh dapat membuat kinerja sel-sel otak menjadi tidak efisien.

3. Olah Raga Secara Rutin

Lakukanlah olah raga setidaknya 20 menit per hari. Olah raga merupakan tindakan anti-inflamasi sehingga kerusakan otak dapat dicegah. Olah raga juga kaya manfaat, salah satunya untuk mencegah gangguan gejala jantung koroner.

4. Mengasah Kemampuan Otak

Pada usia 30-40 tahun otak akan mengalami penyusutan sehingga daya ingat akan semakin menurun. Untuk mempertahankan kesehatan dan juga ketajaman otak dalam berpikir usahakan rutinlah belajar di usia-usia rentan terseut. Perbanyaklah membaca agar wawasan bertambah dan daya ingat tetap terjaga.

BACA JUGA: Waspada Sering Kantuk, Bisa-bisa Alzheimer!

5. Mengurangi Asupan Gula

Mengapa gula dapat menyebabkan alzheimer? Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan resistensi terhadap kinerja hormon insulin. Akibatnya, otak akan mengalami gangguan sehingga resiko alzheimer juga makin tinggi.

6. Memasak Sendiri

Dengan metode ini, orang-orang dapat dipastikan mengetahui asupan gizi apa saja yang ada dalam makanan mereka.

Selain itu, dengan memasak sendiri, orang-orang juga dapat memastikan makanan yang mereka konsumsi higenis dan sehat. Dengan metode tersebut kesehatan otak dan tubuh juga lebih terjaga.

7. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi

Mulut merupakan awal munculnya berbagai penyakit karena mulut merupakan tahap paling awal dalam proses pencernaan. Untuk menjaga kesehatan gigi, bisa dimulai dengan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

Gigi yang kotor dan mengandung banyak bakteri akan membuat risiko infeksi bakteri ke otak lebih besar. Infeksi bakteri ke otak dapat menyebabkan menurunnya daya ingat seseorang. Karena itu, sangat penting untuk merawat gigi agar infeksi dapat dihindari. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.