keganasan ikan piranha
Foto: Just Fun Facts

Inilah 7 Fakta Keganasan Ikan Piranha

Ikan Piranha adalah salah satu jenis ikan air tawar yang hidup di perairan tropis seperti di Amerika Selatan. Ikan predator ini merupakan salah satu ikan yang memiliki banyak sekali spesies, dimana hingga saat ini, tercatat ada sekitar 60 spesies yang tersebar di berbagai negara.

Selain keganasannya, ada beberapa fakta menarik dari Ikan Piranha yang perlu kamu tahu yang dikutip dari Wowasiknya.com.

1. Termasuk Hewan Omnivora 
Selama ini, Ikan Piranha dikenal sebagai ikan predator yang memakan daging hewan lain. Tapi tahukah kamu, kalau jenis ikan ini juga termasuk hewan Omnivora, itu artinya ikan ini juga memakan tumbuh-tumbuhan.

Tapi tidak semua spesies ikan ini memakan tumbuh-tumbuhan, biasanya struktur gigi dan rahangnya sedikit berbeda dengan Piranha yang memakan daging. Biasanya, ini terjadi kalau dihabitatnya sudah tidak ada lagi daging untuk dimakan.

2. Ikan Kanibal
Meski terlihat solid sebagai koloni, jenis ikan ternyata bisa berubah menjadi kanibal (memakan sesamanya) kalau sudah terlalu lapar.

Biasanya yang menjadi korban dalam aksi kanibal ini adalah Piranha yang sudah terlihat lemah atau Piranha yang sedang sakit. Hal ini dilakukan oleh Piranha sebagai salah satu cara agar membuatnya tetap bertahan hidup.

3. Mampu Kalahkan Hewan yang Lebih Besar
Ikan Piranha terbiasa hidup secara berkelompok (koloni) dengan jumlah paling sedikit 20-an ekor. Hal ini adalah wujud dari proteksi diri dari predator yang lebih besar, bahkan secara kelompok, ikan ini bisa mengalahkan hewan yang lebih besar.

Misalnya Buaya yang dikenal sebagai salah satu predator air paling mematikan di dunia, tapi Buaya masih bisa dikalahkan dan dijadikan mangsa oleh gerombolan salah satu jenis Piranha yaitu Goliath Tigerfish.

Goliath Tigerfish masih satu keturunan dengan Piranha dan habitatnya banyak ditemukan di sungai-sungai Kongo di benua Afrika. Sedangkan ukurannya bisa mencapai 5 meter dan berat 70 kg. Konon katanya, bisa melumat buaya dalam satu serangan. Woow…

4. Predator Ikan Piranha
Walaupun termasuk predator air yang paling ditakuti dan berbahaya di dunia, bukan berarti Piranha tidak mempunyai musuh yang bisa memangsanya kapan saja. Tercatat, ada beberapa hewan yang sering menjadikan Piranha sebagai santapannya, di antaranya adalah Buaya, Lumba-Lumba, Kura-Kura, dan Burung Dadang.

5. Hidup Berkelompok
Ikan Piranha dikenal sebagai ikan yang hidup secara berkelompok (koloni), sehingga jenis ikan ini terlihat tangguh dihadapan para predator-predatornya yang memiliki ukuran jauh lebih besar dari jenis ikan ini.

Setiap kelompok (koloni) ikan predator ini paling sedikit berjumlah 20-an ekor. Biasanya, ikan ini akan menyerang mangsanya secara bersama-sama. Selain itu, usianya juga cukup panjang yaitu sekitar 25 tahun.

6. Memiliki Gigi Tajam dan Rahang Kuat
Sebagai ikan predator paling ganas di air, sudah jelas jenis ikan ini memiliki rahang kuat dan gigi tajam dengan bentuk segitiga runcing yang tersusun rapi disepanjang mulutnya, sehingga setiap gigitannya pasti langsung melukai mangsanya.

Konon katanya, ketajaman gigi Ikan Piranha bisa menghancurkan tulang manusia hanya dalam waktu 15 menitan. Tapi hal ini belum dibuktikan secara ilmiah, karena sejauh ini belum ada penelitian tentang ketajaman gigi jenis ikan ini.

Istimewanya, gigi ikan predator ini tidak akan habis sepanjang hidupnya, karena jika ada giginya yang tanggal, maka gigi baru akan tumbuh sebagai penganti gigi lamanya.

7. Ukuran Ikan Piranha
Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa, jenis ikan ini memiliki sekitar 60 spesies yang tersebar di penjuru dunia. Tapi, hampir semua ukurannya kurang lebih sama yaitu paling besar bisa mencapai 8 kg dengan panjang antara 12-45 cm.

Selain itu, jenis ikan predator ini juga cukup cerdik dalam hal berkamuflase di habitat aslinya. Hal ini didukung dengan karakteristik kulitnya yang berwarna perak agak berkilauan dengan warna merah dibagian sirip dan perutnya. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *